Biaya Operasi Katarak Di Indonesia

Biaya Operasi Katarak Di Indonesia

 

Biaya Operasi Katarak Di Indonesia – operasi katarak adalah prosedur untuk mengobati katarak, kondisi progresif yang ditandai oleh kekeruhan pada lensa mata. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat dan mengganti lensa yang keruh untuk memperbaiki penglihatan pasien. Berkat perkembangan modern dalam teknologi bedah, operasi mata katarak menjadi salah satu operasi mata yang paling aman dan sering dilaksanakan.

Operasi katarak adalah pilihan pengobatan utama bagi pasien katarak. Seperti glaukoma, kebanyakan kasus katarak disebabkan oleh proses penuaan alami dan berkembang secara bertahap.

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko katarak adalah penyakit genetik, trauma berat pada mata, operasi mata yang pernah dijalani, dan peradangan intraokular. Terkadang, katarak dapat berkembang lebih cepat dan menyerang pasien berusia muda. Katarak dini ini lebih umum ditemukan pada pasien diabetes, perokok, individu yang terkena sinar UV atau radiasi ion berlebih, dan mereka yang mengonsumsi steroid. Obat-obat seperti statin dan phenothiazine juga dapat memperburuk atau memicu katarak, jika digunakan berkelanjutan.

Biaya Operasi Katarak Di Indonesia

Biaya Operasi Katarak Di Indonesia

Pada tahap awal, penglihatan pasien akan menjadi buram atau berkurang. Pasien juga dapat kesulitan membaca dan melihat bayangan yang tidak alami. Ini adalah gejala awal katarak. Jika tidak ditangani, lama-kelamaan seluruh lensa mata akan menjadi keruh. Akibatnya, pasien kehilangan kemampuan penglihatannya.

Karena manfaatnya yang sangat besar, banyak pasien katarak yang menjalani operasi. Prosedur ini dapat mengangkat lensa yang keruh secara permanen, memperbaiki penglihatan, dan mengurangi ketergantungan terhadap kacamata dan lensa kontak.

Biaya operasi katarak dapat beragam, tergantung pada teknik yang digunakan. Beberapa teknik yang lebih modern dan menggunakan teknologi laser, biayanya cenderung lebih tinggi.

Berapa Biaya Operasi Katarak ?

Biaya operasi katarak berbeda-beda, tergantung kepada rumah sakit yang menyelenggarakannya, teknik operasi, jenis lensa dan jenis obat bius yang digunakan selama operasi katarak. Semakin canggih lensa yang digunakan, maka biaya operasi katarak semakin mahal. Lensa multifokal umumnya lebih mahal dibanding lensa monofokal. Sementara itu, penghancuran lensa katarak dengan menggunakan teknik phacoemulsification lebih mahal jika dibanding dengan pengangkatan lensa secara manual. Untuk jenis obat bius, bius total lebih mahal dibanding dengan bius lokal.

Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya operasi katarak dapat dimulai dari Rp.6.500.000 hingga lebih dari Rp. 16.000.000 untuk 1 mata. Sementara itu, di Malaysia, biaya operasi katarak dapat dimulai dari Rp. 11.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa yang Harus Saya Persiapkan sebelum Operasi Katarak?

Sebelum operasi katarak, Anda akan menjalani pemeriksaan USG mata untuk mengukur bentuk dan ukuran bola mata Anda. Tujuannya adalah untuk memperkirakan ukuran lensa buatan yang akan dipasang di mata Anda pada saat opreasi katarak. Anda juga diharuskan memberitahu dokter terkait obat-obatan yang sedang dikonsumsi dan penyakit lain yang sedang di derita. Jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter akan meminta Anda untuk menghentikan konsumsi obat tersebut sementara waktu. Sehari sebelum operasi, Anda akan diminta untuk berpuasa.

Bagaimana Prosedur Operasi Katarak Dijalankan?

Dokter mata akan meneteskan obat khusus yang fungsinya memperlebar pupil. Setelah pupil melebar, dokter akan memberikan anestesi lokal pada mata sehingga daerah mata akan baal selama operasi. Operasi katarak dilakukan dengan menghancurkan lensa yang mengalami katarak dengan alat khusus. Setelah lensa hancur, lensa yang mengalami katarak diangkat dari bola mata dan diganti dengan lensa buatan (IOL).

Langkah Pemulihan

Beberapa langkah yang dapat membantu pemulihan mata pasca operasi katarak, antara lain:

  • Hindari menyentuh mata.
  • Gunakan tetes mata sesuai anjuran dokter untuk meringankan rasa tidak nyaman pascaoperasi.
  • Hindari masuknya benda apa pun ke dalam mata, seperti sabun atau air.
  • Jangan mengenakan make up pada mata selama setidaknya 4 minggu.
  • Jangan berenang selama 4-6 minggu.
  • Jangan naik pesawat tanpa persetujuan dokter.
  • Jangan menyetir kendaraan sampai diizinkan dokter.
  • Biasanya setelah operasi katarak, Anda perlu memakai kacamata rabun dekat atau rabun jauh atau bahkan kombinasi keduanya. Hal ini karena lensa mata buatan tidak dapat fokus pada jarak tertentu.

Pasca operasi, mata dapat benar-benar pulih dalam waktu sekitar dua bulan. Sebagian besar orang akan mengalami perbaikan daya penglihatan setelah operasi. Anda akan dapat melihat cahaya tanpa kesilauan, bisa membedakan warna karena terlihat lebih terang, dan bisa melihat benda dengan fokus. Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk pulih sepenuhnya, setelah Anda melakukan operasi katarak.

Komplikasi dan Risiko Operasi Katarak

Untuk mencegah komplikasi setelah operasi katarak, pasien sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat dan mengangkat benda berat selama satu minggu. Membungkuk dan olahraga juga tidak dianjurkan karena dapat memberikan tekanan pada lensa mata baru.

Pasien harus mengingat bahwa dalam masa penyembuhan, mata sangat rentan terkena infeksi. Karena itu, pasien harus menjaga agar mata tetap bersih dan kering. Air, terutama di pemandian air panas dan kolam renang, dapat mengandung kontaminan yang dapat menyebabkan infeksi.

Kemungkinan efek samping dan komplikasi lain dari operasi katarak adalah:

  • Perdarahan
  • Bagian dalam mata terasa tertekan
  • Penumpukan cairan
  • Kelopak mata turun
  • Katarak setelah operasi – Ini terjadi ketika jaringan lensa yang seharusnya menyokong IOL tertinggal saat operasi dan terkena katarak. Namun, perawatan laser yang baru dapat memperbaiki komplikasi ini secara permanen.

Komplikasi yang lebih serius adalah retina terlepas atau lensa mata yang baru menjadi longgar. Retina terlepas adalah masalah mata serius yang terjadi ketika lapisan tipis di belakang retina tertarik dari pembuluh darah yang memberikan oksigen. Kondisi ini membutuhkan penanganan dengan segera. Biaya Operasi Katarak Di Indonesia

Biaya Operasi Katarak Di Indonesia

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*