Cara Mengobati Katarak

Cara Mengobati Katarak

 

 

Cara Mengobati Katarak – Sebelum membahas mengenai cara mengobati katarak, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk katarak. Katarak merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi di negara tropis dengan tingkat paparan matahari yang cukup tinggi. Selain karena sinar ultraviolet, penyakit katarak terus berkembang karena memang si penderita mengalami usia yang telah menua. Oleh karena itu, katarak pada umunya terjadi pada orang dengan usis 40 tahunan ke atas.

Cara Mengobati Katarak

Cara Mengobati Katarak

Selain itu, mata katarak juga merupakan salah satu penyakit yang cenderung lamban disadari oleh para penderita. Karena, rata-rata mereka menganggap bahwa katarak adalah penyakit yang biasa, dan gangguan penglihatan tersebut tidak perlu lagi dirisaukan. Gejala katarak datang dengan begitu perlahan namun pasti dalam memberikan gangguan penglihatan bahkan kebutaan dalam masa mendatang. Beberapa tanda umum yang memberikan sinyal bahwa Anda terkena katarak adalah sebagai berikut.

  • Pandangan yang kabur atau kurang jelas. Hal ini disebabkan oleh lensa yang semakin buram dan tampak terlihat seperti susu.
  • Penderita mengalami sensitivitas yang tinggi terhadap pancaran cahaya matahari atau sinar.
  • Jika seseorang melihat objek suatu benda, maka mereka seperti melihatnya menjadi dua atau mengalami penglihatan ganda.
  • Pada saat malam hari, penglihatan agak terganggu sehingga dibutuhkan cahaya yang begitu terang agar penderita mampu melihat dengan jelas.

Bagaimana cara mengobati katarak ?

Dalam dunia medis, cara mengobati katarak dilakukan dengan jalan operasi, yaitu dengan cara mengangkat lapisan mata dan kemudian menggantinya dengan yang baru. Namun, dengan melakukan operasi tersebut penderita juga belum dapat dijamin akan sembuh 100%. Lebih jauh lagi, terdapat operasi yang menggunakan sinar laser dimana pengobatan ini memerlukan biaya yang cukup mahal.

Biaya operasi para penderita katarak berada di kisaran yang cukup tinggi dimana untuk satu mata penderita harus merogoh kocek hingga 6 juta rupiah. melalui biaya operasi yang cukup mahal tersebut, banyak penderita katarak yang pada akhirnya mengalami kebutaan.

Masa penyembuhan pasca operasi juga sangat bervariasi, rata-rata penderita membutuhkan waktu antara 1 hingga 1,5 bulan agar mampu mendapatkan penglihatan yang sembuh total. Mengobati katarak dengan jalan operasi merupakan sebuah jalan yang lumrah untuk ditempuh.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai cara mengobati katarak. Semoga artikel cara mengobati katarak diatas dapat bermnafaat untuk anda.

Cara Mengobati Katarak

This entry was posted in Pengobatan Katarak and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*