Cara Mengobati Mata Katarak

Cara Mengobati Mata Katarak

 

Cara Mengobati Mata Katarak – Katarak adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penderita katarak akan merasa seperti melihat jendela berasap. Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pasien sulit menyetir, membaca dan melakukan aktivitas rutinnya.

Katarak merupakan kondisi mata yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada laki-laki dan perempuan yang berusia lanjut. Anda dapat menurunkan risiko katarak dengan mengontrol faktor risiko Anda. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & Gejala

Katarak dapat terjadi pada satu atau kedua mata namun tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata yang lain. Beberapa tanda dan gejala katarak adalah:

  • Pandangan kabur seperti berkabut
  • Warna di sekitar terlihat memudar
  • Rasa silau saat Anda melihat lampu mobil, matahari atau lampu. Anda juga dapat melihat lingkaran di sekeliling cahaya
  • Pandangan ganda
  • Penurunan penglihatan di malam hari
  • Sering mengganti ukuran kacamata
Cara Mengobati Mata Katarak

Cara Mengobati Mata Katarak

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala katarak yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala katarak tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Lalu bagaimana cara mengobati katarak secara alami ?

Berikut ini beberapa cara mengobati mata katarak secara alami, antara lain :

  1. Jus Bilberry

Bilberry termasuk buah yang kaya dengan kandungan bahan antioksidan. Bilberry mengandung bahan antosianin yang bisa mencegah kerusakan pada bagian lensa dan retina mata. Karena itu jus buah bilberry penting untuk menjaga agar kesehatan mata lebih baik, termasuk untuk penderita katarak. Penyebab katarak karena kerusakan oksidasi yang menyerang bagian makula mata. Anda bisa minum jus bilberry tanpa tambahan gula atau zat pemanis lain. Namun lebih disarankan untuk minum jus alami yang tidak melewati proses kimia dan menyebabkan kerusakan nutrisinya.

  1. Pepaya

Buah pepaya juga penting untuk menjaga agar katarak tidak menjadi lebih buruk dan menjadi cara mengobati mata katarak secara alami. Pepaya bisa mencegah penumpukan protein dalam mata yang bisa menyebabkan katarak. Pepaya akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena biasanya penderita katarak tidak bisa melakukan sintesa protein dengan baik. Protein yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan kabut dalam makula dan menyebabkan katarak yang lebih buruk. Makan pepaya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti untuk bagian pencernaan.

  1. Jus Wortel

Minum jus wortel atau memasukkan sayuran wortel dalam masakan, juga bisa membantu menjaga katarak agar tidak lebih buruk. Mengkonsumsi jusn wortel secara rutin juga sangat penting untuk menjaga agar mata menjadi lebih sehat. Wortel mengandung beberapa nutrisi seperti beta karoten, vitamin A dan vitamin C. Zat ini sangat penting untuk menjaga agar katarak menipis secara alami. Bahkan minum jus wortel bisa membantu agar tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  1. Kurangi Makanan Manis atau Gula

Penderita katarak juga harus mengurangi kebiasaan minum dan mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Makanan yang manis mengandung gula putih atau gula buatan bisa menjadi sumber penyebab katarak. Terlebih untuk penderita diabetes yang sudah mengalami pandangan mata kabur. Kandungan gula dan berbagai bahan pemanis bisa menghancurkan kemampuan glutathione dan vitamin C yang berada di bagian lensa. Jadi kurangi gula untuk menghambat katarak agar tidak menjadi lebih buruk.

  1. Biji Bunga Matahari

Mengkonsumsi biji bunga matahari atau lebih sering disebut dengan kuaci biji bunga matahari ternyara sangat bermanfaat untuk cara mengobati katarak secara alami. Camilan ini mengandung beberapa bahan yang sangat penting untuk cara mengobati katarak secara alami pada tahap awal. Biji bunga matahari merupakan makanan yang mengandung vitamin E yang bisa menjadi sumber antioksidan. Bahan vitamin E penting untuk melindungi kesehatan mata akibat kerusakan dari radikal bebas. Bahkan vitamin E juga penting untuk memberikan perlindungan untuk kulit.

  1. Paprika Kuning

Paprika kuning tidak hanya memiliki warna yang sangat cantik, tapi juga penuh dengan khasiat. Paprika kuning mengandung vitamin C yang bisa membantu menyembuhkan katarak. Makanan yang mengandung vitamin C ini sangat penting untuk menjaga mata dan lapisan makula dari kerusakan akibat radikal bebas. Paprika kuning tidak harus dimasak untuk penderita katarak. Paprika kuning bisa dijadikan menu tambahan dalam salad atau jenis olahan yang lain.

  1. Kitolod

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Isotoma Longiflora atau Laurentia Longiflora yang memiliki kandungan senyawa alkaloid yaitu lobelin, lobelamin serta isotomin. Daunnya memiliki kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, serta polifenol. Getah tanaman memiliki kandungan racun, namun sisi tanaman lain mempunyai dampak antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menyingkirkan nyeri serta menghentikan pendarahan. Cara membuat ramuan obat katarak dari tanaman ki tolod sebenarnya cukup mudah dan anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Cukup ambil bunga ki tolod yang masih segar, kemudian masukkan kedalam segelas air putih, gelas ditutup serta didiamkan selama 5 menit lantas dipakai untuk merambang atau merendam mata. Lakukanlah secara rutin, setiap hari hingga keadaan dan kondisi penyakit katarak yang diderita membaik. Tak hanya bunganya, di sebagian tempat juga dipakai sebagian daun kitolod yang sudah dipotong pucuknya, kemudian di celupkan didalam segelas air bersih serta dipakai untuk menetesi mata. Mata dapat merasa amat pedih, tetesi terus hingga rasa pedihnya menyusut serta hilang.

Perlu diingat, tanaman kitolod yang akan digunakan untuk mengobati katarak secara alami harus benar-benar dicuci bersih, jangan sampai ada tanah atau kotoran yang masih tersisa, karena ini langsung diaplikasikan untuk pengobatan mata. Jika tidak dibersilhkan lebih dulu, maka mata akan terkena kotoran dan makin terinfeksi. Dianjurkan untuk menggunakan daun atau bunga kitolod yang dibudidayakan, atau tidak mengunakan tanaman kitolod yang datang dari area yang kotor yang selanjutnya justru dapat memperparah penyakit katarak mata kita.

Itulah beberapa cara mengobati mata katarak secara alami yang dapat dilakukan dirumah, selain bahan yang mudah di dapat bahan-bahan tersebut tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Terima kasih anda telah membaca artikel mengenai cara mengobati mata katarak secara alami. Semoga artikel mengenai cara mengobati mata katarak secara alami diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Cara Mengobati Mata Katarak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*