Ciri-Ciri Katarak Mata dan Pencegahannya

Ciri-Ciri Katarak Mata dan Pencegahannya

 

 

 

Ciri-ciri katarak mata – Artikel ini akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri katarak mata, beragam jenisnya, dan bagaimana mencegah katarak mata. Katarak mata adalah kekeruhan dari lensa alami mata, yang terletak di belakang iris dan pupil. Katarak adalah penyebab paling umum kehilangan penglihatan pada orang di atas usia 40 dan merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Hari ini, katarak mempengaruhi lebih dari 22 juta orang Amerika di usia 40 dan lebih tua. Kemudian, dikatakan bahwa lebih dari 30 juta orang Amerika diperkirakan memiliki katarak pada tahun 2020.

Ciri-Ciri katarak mata

Katarak mata hadir dengan beberapa gejala atau ciri, di bawah ini ada beberapa ciri-ciri katarak mata yang bisa terjadi kepada anda. Apabila anda telah mendapatkan beberapa hal berikut, maka dapat dipastikan anda terkena katarak.

Ciri-Ciri Katarak Mata Dan Jenisnya

  • Penglihatan yang kabur, redup, dan berawan.
  • Ketika melihat di malam hari, anda akan mengalami kesulitan.
  • Kepekaan terhadap cahaya dan silau.
  • Melihat halo atau lingkaran cahaya di sekitar lampu.
  • Perubahan yang sering terhadap kacamata dan lensa kontak.
  • Warna mata yang memudar dan menguning.
  • Penglihatan ganda dalam satu mata.

Jenis katarak mata

Katarak kongenital

Ini merupakan jenis katarak yang terjadi dengan keterkaitan infeksi serta kekurangan nutrisi selama kehamilan. Memang, kebanyakan gangguan penglihatan berupa katarak yang terjadi di masa bayi, rata-rata hadir karena kekurangan vitamin serta nutrisi.

Katarak senilis

Katarak mata yang terjadi ketika seseorang berada dalam usia lanjut dan ada karena proses penuaan.

Katarak komplikata

Katarak jenis ini hadir karena adanya komplikasi terhadap penyakit hipertensi, penyakit kronis, kekurangan vitamin, kebiasaan merokok, dan diabetes. Oleh karena itu, jika Anda memiliki ciri-ciri katarak mata, harus segera diperiksakan ke dokter

Katarak traumatika

salah satu ciri-ciri katarak mata seperti namanya, katarak traumatik merupakan sebuah jenis penyakit katarak yang ada karena benda tumpul serta kecelakaan yang mengenai mata dan bagian wajah di sekitar mata.

Katarak sekunder

Merupakan katarak yang mungkin terjadi karena pernah melakukan operasi yang kurang bersih.

Pencegahan katarak mata

Anda tadi sudah belajar ciri-ciri katarak mata. Sebuah studi yang telah dilakukan selama 10 tahun oleh para professional, menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi vitamin E, lutein, dan zeaxathin mempunyai penurunan risiko yang lebih rendah terhadap katarak. Beberapa sumber makanan dengan kandungan vitamin E yang tinggi adalah biji bunga matahari, almond, dan bayam. Sementara itu, sumber yang baik dari lutein dan zeaxanthin adalah bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa antioksidan seperti vitamin C dan makanan yang mengandung omega-3 asam lemak dapat mengurangi risiko katarak. Jadi, dapat dismpulkan bahwa vitamin pencegah katarak mata adalah vitamin E dan C dengan kandungan antioksidannya.

Itulah beberapa ciri-ciri katarak mata, jenis, serta bagaimana cara mencegah penyakit.

Ciri-Ciri Katarak Mata dan Pencegahannya.

This entry was posted in Definisi Katarak and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>