Ciri-Ciri Mata Katarak Yang Bisa Sebabkan Kebutaan

Ciri-Ciri Mata Katarak Yang Bisa Sebabkan Kebutaan

 

Ciri-Ciri Mata Katarak – Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Ciri-Ciri Mata Katarak

Ciri-Ciri Mata Katarak Yang Bisa Sebabkan Kebutaan

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut. Jadi katarak adalah penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada bayi dan anak-anak (katarak anak-anak), meski kemungkinannya sangat kecil. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang-orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula.

Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 210.000 penderita baru yang muncul setiap tahun. Dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak.

Ciri-Ciri Mata Katarak

Lantas, apa sih ciri-ciri mata katarak itu? Bagaimana kita tahu kalau diri sendiri atau orang lain mungkin menderita gangguan mata satu ini? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Warna putih di bagian hitam mata

Ciri-ciri mata katarak pada mata adalah memutihnya bagian hitam mata, tepatnya pada lensa mata. Lensa mata ini sebenarnya bening atau transparan, namun kalau dari luar hanya terlihat hitam saja. Pada tahap awal memang tidak terlihat nyata, lambat laun terlihat seperti berawan, lalu kemudian putih pekat. Hal inilah yang membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan bahkan sampai kebutaan.

  1. Daya lihat saat malam terganggu

Kalau di siang hari, pandangan tampak normal-normal saja, namun menjadi lebih kabur ketika malam tiba, maka bisa jadi ini merupakan salah satu gejala bahwa Anda terkena katarak. Akibatnya, Anda mungkin kesulitan menyetir kendaraan di malam hari. Terkait bahaya dari ciri katarak satu ini, sebuah penelitian dilakukan di Universitas Curtin (Australia). Para ahli menyarankan penderita katarak melakukan pengobatan dengan segera guna mengurangi risiko kecelakaan hingga 13%. Jadi kalau Anda mengalami gejala ini, segera konsultasikan ke dokter dan jangan menyetir saat malam agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mungkin gejala katarak seperti ini akan mirip dengan rabun senja atau nyctalopia, untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter mata.

  1. Mata jadi sensitif terhadap cahaya

Ketika mata terkena katarak, maka indera penglihatan akan menjadi sensitif terhadap cahaya. Ketika terkena sorotan lampu atau blitz kamera misalnya, maka mata akan terasa sakit, begitu silau dan Andapun berusaha untuk menghindarinya.

  1. Melihat lingkar cahaya di mana-mana

Adanya gumpalan ‘awan’ kecil di lensa mata membuat cahaya yang masuk mata jadi menyebar. Inilah yang membuat Anda melihat lingkar cahaya saat menatap lampu atau sumber cahaya lainnya. Dan lingkar cahaya ini pulalah yang seringkali membuat aksi menyetir di malam hari terasa sulit dan berbahaya.

  1. Pandangan jadi ganda

Menyebarnya cahaya yang masuk lensa mata juga dapat membuat pandangan Anda jadi ganda. Hasilnya, sebuah obyek jadi terlihat ada 2 atau lebih. Meski katarak merupakan pemicu utama kondisi ini, namun pandangan ganda (diplopia) juga dapat disebabkan oleh gangguan medis lain seperti tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, atau stroke.

  1. Sering ganti kacamata

Apakah belakangan ini Anda mendapati diri terus-menerus membutuhkan kacamata baru karena yang lama tetap kurang jelas ketika dikenakan? Lagi-lagi mungkin bukan minus atau silinder bertambah yang jadi penyebabnya, melainkan katarak. Bila Anda mengalami gejala katarak yang satu ini, maka segeralah konsultasikan ke dokter. Mata Anda mungkin mengidap katarak atau gangguan lain yang butuh perawatan segera.

  1. Semuanya terlihat serba kuning

Begitu katarak semakin parah, maka gumpalan protein yang menutupi lensa mungkin akan berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan. Akibatnya, semua cahaya yang melalui bagian ini akan memberikan hasil kuning juga. Bila ini sampai terjadi, maka obyek sekeliling Anda akan tampak kuning semua.

  1. Susah membedakan warna

Karena semua tampak putih ataupun kuning, maka Anda jadi kesulitan untuk mengenali warna sebuah obyek.

  1. Yang bersih jadi tampak kotor

Buramnya pandangan juga dapat membuat gelas bersih yang Anda lihat seperti kotor atau bernoda. Padahal yang bermasalah bukan gelasnya, namun kualitas daya lihat mata.

  1. Kesulitan memperkirakan kedalaman atau ketinggian suatu obyek

Salah satu dari ciri-ciri mata katarak selanjutnya adalah kesulitan dalam menilai kedalaman dan ketinggian objek. Saat melihat kolam renang atau bathtub, Anda merasa kesulitan untuk mengira-ngira seberapa dalam itu. Bahkan ketika ingin menjejakkan kaki ke anak tangga di depan mata, Anda juga sulit mengira-ngira tinggi anak tangga tersebut.

  1. Butuh cahaya lebih terang saat beraktivitas

Ketika melakukan aktivitas seperti membaca, menjahit, menulis, atau membuat kerajinan, mata katarak selalu membutuhkan cahaya lebih terang atau posisi lampu yang dekat letaknya.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri mata katarak yang harus diwaspadai. Dan dikarenakan gangguan mata satu ini bisa memicu kebutaan kalau dibiarkan terus-menerus, maka bila Anda mengalami ciri-ciri mata katarak di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganannya.

Ciri-Ciri Mata Katarak Yang Bisa Sebabkan Kebutaan

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*