CIRI MATA KATARAK, APA SAJA ?

CIRI MATA KATARAK, APA SAJA ?

 

ciri mata katarak

Ciri Mata Katarak

CIRI MATA KATARAK – Katarak merupakan sebuah perubahan lensa mata yang tdinya jernih namun setelah penderita menerima gangguan katarak, maka lensa tersebut menjadi kabur dan tidak bisa melihat dengan jelas. Lensa mata berubah menjadi kaca susu dengan penglihatan yang lebih buram. Katarak tidak terjadi secara menyeluruh dalam periode waktu singkat, namun katarak merupakan sbeuah penyakit yang terjadi dalam jangka waktu lama dan kemudian ada secara perlahan-lahan. Penyebab katarak bermacam-macam mulai dari cacat bawaan hingga karena sering melihat cahaya sinar matahari.

Ciri mata katarak yang paling umum adalah gangguan penglihatan yang tampak seperti adanya kabut, dan kemudian lensa mata menjadi kurang jernih. Pada umunya, katarak terjadi pada usia 40 tahunan namun dapat pula hadir ketika penderita masih berusia sangat muda. Rata-rata, katarak yang menimpa para usia muda adalah karena hal berikut ini :

  • Cacat bawaan yang hadir sejak lahir
  • Terlalu bersinggungan dengan sinar ultraviolet
  • Trauma akibat kecelakaan mata
  • Masalah kesehatan seperti diabetes, peradangan, dan obat-obatan
  • Radikal bebas dan mal nutrisi

 

Ciri Mata Katarak Secara Umum

Berikut adalah uraian mengenai ciri mata katarak yang secara umum di alami oleh penderita mata katarak, antara lain :

  • Penglihatan kabur. Pernahkah Anda mengalami penglihatan yang kadang kabur seperti terdapat kabut yang menyelimuti lensa mata Anda? kemungkinan besar itu adalah katarak.
  • Sulit melihat di tempat terang. Penderita katarak biasanya akan sulit melihat di tempat yang cenderung silau karena ia akan lebih sensitive terhadap sinar matahari.
  • Penglihatan ganda. Terkadang, penderita katarak juga mengalami penglihatan gAnda. Sehingga, apabila melihat satu objek, mereka seperti melihat dua buah objek.
  • Penglihatan malam yang lebih nyaman. Penglihatan malam akan terasa begitu nyaman dibandingkan dengan siang hari. Ini karena, di malam hari tidak terdapat cahaya yang mengilaukan layaknya cahaya di siang hari.
  • Perubahan tajam. Pada penglihatan, kita bisa mengalami perubahan penglihatan yang sangat tajam dari waktu ke waktu. Sehingga, apabila kita mengenakan kacamata, maka akan sangat sering mengalami penggantian kaca mata tersebut.
  • Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar. Pada saat lensa mata memandang atau menangkap cahaya, mata hanya mampu menangkap sinar seperti sebuah lingkaran.
  • Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktivitas. Gejala katarak mata berikutnya adlah penderita membutuhkan cahaya terang untuk membaca ataupun beraktivitas. Penderita katarak sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup terang ketika melakukan berbagai aktivitas.
  • Sering mengganti kacammata atau lensa kontak karna ketidaknyamanan. Penderita katarak mata yang menggunakan alat bantu untuk membaca dan melihat, cenderung lebih sering mengganti kacamata atau lensa kontak karna faktor ketidaknyamanan seperti ketika di rasa mata tidak lagi dapat melihat atau menangkap suatu objek benda atau cahaya sekalipun, penderita katarak mata mampu mengganti kacamata atau kontak lensa dua kali dalam sebulan.

 

Itulah beberapa ciri mata katarak. Sekian artikel mengenai ciri mata katarak. Semoga beragam informasi mengenai katarak dan ciri mata katarak di atas mampu membantu Anda.

 

CIRI MATA KATARAK, APA SAJA ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*