Definisi Katarak Menurut Ilmu Kedokteran

Definisi Katarak Menurut Ilmu Kedokteran

 

 

Definisi Katarak – Definisi katarak adalah sebuah perubahan lensa mata dari yang seharusnya jernih menjadi keruh. Penderita katarak merasa bahwa terdapat sebuah kabut yang membuatnya sulit untuk melihat dengan jelas. Pandangan bisa menjadi kabur dan tidak sejernih biasanya. Katarak terjadi secara bersamaan namun tidak menular ke mata lainnya. sedangkan, penyakit katarak bisa melibatkan kedua mata Anda, padahal sebelumnya hanya melibatkan satu mata.

Beragam penyebab katarak

Katarak sebagaian besar disebabkan oleh perubahan kimia pada protein di lensa mata sehingga pandangan bisa menjadi keruh. Pada umunya, penyakit katarak terjadi pada usia 40 tahun ke atas namun dapat pula terjadi pada mereka yang masih muda dengan beragam penyebab yang berbeda. Di bawah ini ada beberapa informasi tambahan mengenai penyebab katarak pada orang yang masih berusia muda.

Definisi Katarak

  • Cacat bawaan
  • Beragam masalah kesehatan se[erti diabetes, dan peradangan.
  • Trauma kecelakaan pada mata.
  • Radikal bebas
  • Sinar ultraviolet
  • Malnutrisi
  • Gejala katarak

Pada artikel definisi katarak ini, Anda akan dijelaskan mengenai gejala katarak yaitu sebuah penglihatan yang kabur tampak seperti kabut, mudah silau ketika berada di tempatĀ  yang terang, serta penglihatan yang lebih nyaman di malam hari ketimbang siang hari. Jika Anda mengalami gangguan penglihatan seperti yang disebutkan di atas, maka langkah terbaiknya adalah memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis mata, untuk mendapatkan sbeuah perawatan yang terbaik .

Pembagian mengenai kondisi katarak

Katarak insipient

Merupakan sebuah kekeruhan yang belum menimbulkan gangguan tajam pada penglihatan. Terjadi di bagian perifer korteks.

Katarak imatur

Merupakan sebuah kekeruhan yang belum mengenai lensa namun mulai menimbulkan gangguan penglihatan. Kekeruhan penglihatan ini biasanya terjadi pada posterior nucleus.

Katarak matur

Merupakan kekeruha yang sudah menganai seluruh lensa kemudian terjadi penurunan fungsi penglihatan yang snagat berbeda dari sebelumnya.

Katarak hipermatur

Lensa akan keriput dan penderita benar-benar kehilangan penurunan fungsi penglihatan. Ini terjadi apabila katarak terus dibiarkan dan mempunyai akibat yang sangat parah.

Itulah beragam hal yang perlu Anda ketahui mengenai definisi katarak. Terimakasih telah membaca artikel mengenai definisi katarak. Semoga artikel definisi katarak diatas dapat membantu Anda.

Definisi Katarak Menurut Ilmu Kedokteran

This entry was posted in Definisi Katarak and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>