Efek Setelah Operasi Katarak

Efek Setelah Operasi Katarak

 

Efek Setelah Operasi Katarak – Katarak terjadi ketika lensa alami mata Anda menjadi lebih keruh, biasanya disebabkan oleh bertambahnya usia. Katarak menyebabkan penglihatan kabur atau fokus pada mata berubah. Jika lensa mata Anda kabur dan penglihatan Anda mulai menjadi berkabut, Anda mungkin memiliki katarak.

Efek Setelah Operasi Katarak

Efek Setelah Operasi Katarak

Katarak umumnya menyerang kedua mata penderita dengan tingkat keparahan yang mungkin berbeda-beda dan tidak bersamaan. Penyakit ini dapat berkembang selama bertahun-tahun dan tanpa terasa oleh penderitanya.

Katarak tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderita biasanya akan mengalami penglihatan yang samar-samar dan berkabut. Kemudian akan muncul bintik atau bercak saat penglihatannya kurang jelas. Kondisi ini juga dapat memengaruhi pandangan Anda dengan cara-cara seperti:

  • Mata yang sensitif ketika terkena cahaya menyilaukan.
  • Sulit melihat saat cahaya remang-remang (terutama pada malam hari) atau sangat terang.
  • Semua menjadi terlihat ganda.
  • Semua terlihat seperti memiliki semburat kuning atau cokelat.
  • Ukuran lensa kacamata yang sering berubah.
  • Di sekeliling cahaya terang (misalnya, lampu mobil atau lampu jalan) seperti ada lingkaran cahaya.
  • Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas.

Satu-satunya langkah pengobatan yang terbukti paling efektif adalah operasi. Efek penyembuhan dari operasi akan sangat signifikan, terutama bagi penderita dengan kondisi katarak yang sudah menghambat kegiatan sehari-hari.

Dalam operasi katarak, lensa yang keruh akan diangkat dan digantikan dengan lensa plastik bening. Operasi tersebut biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal agar mata Anda menjadi mati rasa.

Operasi katarak adalah operasi untuk menghilangkan kabut lensa pada mata yang mengalami katarak dan menggantinya dengan lensa tiruan yang jernih. Meskipun katarak umumnya berhubungan dengan usia, beberapa faktor bisa menyebabkan masalah ini muncul di usia yang lebih muda.

Operasi katarak umumnya berjalan singkat sekitar 30 menit, dan jarang menimbulkan adanya komplikasi. Setelah melakukan operasi menghilangkan katarak ini, biasanya Anda diwajibkan untuk beristirahat selama 30 menit hingga 1 jam untuk mengurangi rasa pusing akibat anestesi.

Untuk memaksimalkan hasil operasi, ada baiknya Anda mematuhi beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah operasi.

Efek Setelah Operasi Katarak

Berikut merupakan beberapa kemungkinan efek setelah operasi katarak yang dapat terjadi setelah anda melakukan operasi katarak :

  1. Infeksi dan Pendarahan

Terjadinya infeksi pada operasi katarak bukanlah hal yang umum terjadi. Kemungkinan penyebab terjadinya infeksi adalah adanya kelalaian ketika proses sterilisasi alat. Area mata adalah area yang sangat sensitif, sehingga setiap alat yang digunakan haruslah benar-benar steril. Begitu juga dengan pendarahan. Pendarahan bisa terjadi jika ada kesalahan penempatan pengirisan di kornea mata. Akan tetapi ini semua dapat dihindari jika proses operasi dilakukan orang yang benar-benar ahli.

  1. Glaukoma

Glaukoma adalah salah satu jenis gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik. Potensi glaukoma juga dapat terjadi pada pasien operasi katarak. Hal ini terjadi karena sebagian cairan yang digunakan dalam operasi katarak tidak melalui proses pengeringan mata secara alami. Kondisi ini membuat adanya tekanan di dalam mata. Rasa sakit akan muncul selama tekanan di dalam mata ini tidak diatasi dengan pengobatan lanjutan.

  1. Ablasio Retina Mata

Dampak negatif lain dari operasi katarak adalah ablasio retina mata, bahkan bagi mereka yang menjalani operasi laser. Ablasio retina adalah kelainan pada mata dengan ditandai oleh lepasnya retina sensoris dari epitel pigmen retina. Bila tidak ada penanganan serius, ablasio retina dapat berpotensi menyebabkan kebutaan. Ablasio retina memang harus diwaspadai oleh pasien operasi katarak, akan tetapi bukan menjadi penghalang untuk tidak melakukan operasi ini.

  1. Sindrom Pasca Operasi

Beberapa kejadian sering dialami oleh pasien operasi katarak antara lain ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Setelah menjalani operasi katarak, pasien diharuskan untuk membatasi aktivitas terutama yang berhubungan dengan kondisi cahaya. Pasien diharapkan tidak terlalu sering terkena cahaya terang. Selain itu, pasien juga diharuskan memakai kacamata khusus selama proses penyembuhan. Hal lain yang sering dialami juga oleh pasien operasi katarak adalah munculnya rasa nyeri yang terkadang tidak mereda oleh obat-obatan, penglihatan yang tiba-tiba memburuk, keluarnya cairan mata yang berlebih, dan adanya kilatan pada mata yang muncul secara tiba-tiba. Akan tetapi, semua ini akan hilang seiring dengan proses penyembuhan pada mata.

Efek Setelah Operasi Katarak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*