GEJALA KATARAK, APA SAJA ?

GEJALA KATARAK, APA SAJA ?

GEJALA KATARAK – Katarak mata adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Gejala Katarak Mata

Gejala Katarak Mata

GEJALA KATARAK MATA
Katarak adalah bagian belakang lensa mata yang berkabut. Pada katarak yang berkaitan dengan penuaan, jaringan dalam lensa mata mulai rusak dan saling menggumpal, menyebabkan lensa kurang lentur dan transparan. Kabut pada lensa ini memengaruhi pandangan seseorang, membuat penglihatannya semakin samar. Gangguan penglihatan ini dapat sangat menyebalkan saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari, memengaruhi kualitas hidup Anda. Apa saja gejala katarak mata ? Berikut ini adalah gejala katarak mata antara lain :
1. Pandangan mata kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap. Gejala katarak mata yang pertama adalah pandangan mata menjadi kabur. Noda putih yang semakin berkembang akan mengalami pandangan mata menjadi kabur, objek terhadap suatu benda menjadi sulit di kenali bahkan tak dapat membedakan warna cahaya

2. Sulit melihat pada malam hari. Gejala katarak mata yang kedua adalah kesulitan melihat pada malam hari. Penderita penyakit mata apapun akan merasa kesulitan ketika melihat suatu objek atau cahaya pada malam hari, hal ini di karenakan lensa mata akan membaca kefokusan objek yang diterima oleh lensa.

3. Sensitif pada cahaya. Gejala katarak mata yang ketiga adalah sensitig terhadap cahaya. Penderita katarak mata akan merasa sensitif pada intensitas cahaya yang diterima oleh lensa mata, mata menjadi sensitif karena ketidakmampuan retina menerima cahaya dan lensa mata tidak dapat memfokuskan cahaya untuk dikirim ke retina.
4. Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar. Pada saat lensa mata memandang atau menangkap cahaya, mata hanya mampu menangkap sinar seperti sebuah lingkaran.
5. Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktivitas. Gejala katarak mata berikutnya adlah penderita membutuhkan cahaya terang untuk membaca ataupun beraktivitas. Penderita katarak sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup terang ketika melakukan berbagai aktivitas.

6. Sering mengganti kacammata atau lensa kontak karna ketidaknyamanan. Penderita katarak mata yang menggunakan alat bantu untuk membaca dan melihat, cenderung lebih sering mengganti kacamata atau lensa kontak karna faktor ketidaknyamanan seperti ketika di rasa mata tidak lagi dapat melihat atau menangkap suatu objek benda atau cahaya sekalipun, penderita katarak mata mampu mengganti kacamata atau kontak lensa dua kali dalam sebulan.

7. Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat. Penderita katarak mata hanya mampu melihat dan menangkap cahaya seperti sebuah lingkaran, namun lama-kelamaan akan memudar karna urat syaraf retina akan menguning jika melihat suatu objek benda terlalu lama.

8. Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata. Gejala katarak mata lainnya adalah pandangan menjadi ganda jika melihat dengan satu mata. Penderita katarak tidak membahayakan fisik jika di ketahui sejak dini dan belum memasuki stadium yang semakin parah. Jika dalam kondisi yang parah, penderita katarak akan merasakan nyeri di sekeliling mata, sering sakit kepala, kemudian terjadi peradangan .
PEMERIKSAAN GEJALA KATARAK MATA

 

Pemeriksaan ketajaman penglihatan dilakukan terlebih dahulu untuk menentukan seberapa baik seorang pasien dapat melihat. Hal ini mencakup pembacaan serangkaian huruf atau angka dari sebuah bagan mata.

Pemeriksaan celah lampu mencakup pemeriksaan mata di bawah mikroskop. Mata juga diperiksa di bawah berkas cahaya yang terang untuk membantu menunjukkan ketidaknormalan di berbagai bagian mata. Dokter juga dapat melebarkan mata Anda dengan tetesan pelebaran mata untuk dapat mengamati retina dengan lebih baik (bagian belakang mata).

Itulah beberapa gejala katarak mata. Terima kasih anda telah membaca artikel mengenai gejala katarak mata. Semoga artikel mengenai gejala katarak mata diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

GEJALA KATARAK, APA SAJA ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*