Gejala Katarak Ringan

Gejala Katarak Ringan

 

Gejala Katarak Ringan – Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Gejala Katarak Ringan

Gejala Katarak Ringan

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut. Jadi katarak adalah penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

Apakah mata yang terkena katarak bisa dilihat secara langsung? Pada awalnya mata yang terkena katarak akan terlihat seperti mata normal yang sehat. Namun ketika beberapa lapisan putih sudah muncul, maka katarak akan lebih terlihat. Lapisan-lapisan putih yang terus menumpuk pada bagian mata akan menyebabkan katarak.

Apa itu Katarak ringan ?

Penyakit katarak ringan merupakan tahapan katarak yang dimulai tanpa gejala atau ciri yang jelas. Gejala awal katarak ini hanyalah mempengaruhi pandangan yang membuatnya buram atau terdapat bercak putih saat memandang. Gejala katarak ringan ini banyak diabaikan sehingga bisa menimbulkan penyakit katarak yang berbahaya.

Pada tahap awal katarak, seseorang tidak melihat perubahan pada penglihatan yang signifikan. Namun mungkin memerlukan bantuan kacamata untuk membantu penglihatannya.

Apa saja gejala katarak ringan ?

Berikut ini adalah beberapa jenis ciri dari mata yang terkena katarak  :

  1. Lukisan Pada Mata

Pada awalnya gejala katarak ringan akan terbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Namun pada saat itu biasanya pandangan mata akan sedikit kabur. Jika dibiarkan dalam waktu yang lebih lama maka pandangan akan kabur, terlihat awan pada mata dan gelap. Lensa mata akan mengalami perubahan warna dan beberapa orang sering melihat lensa mata yang tidak fokus. Hal ini dapat terjadi karena mata tidak bisa memandang sebuah objek dengan fokus.

  1. Lapisan Kuning atau Coklat

Pada gejala katarak ringan, mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Kondisi ini akan menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari. Pada saat tertentu maka mata juga tidak akan peka terhadap cahaya lampu. Orang yang memiliki katarak awal sangat rentan mengalami kecelakaan apabila mengemudi pada malam hari. Gejala Katarak Ringan

  1. Mata Silau

Biasanya mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu. Pada kondisi ini sebenarnya katarak belum terlalu parah dan bisa diobati dengan beberapa metode. Meskipun metode ini hanya untuk mencegah agar katarak tidak bertambah parah. Gejala Katarak Ringan

  1. Mata Melihat Cincin di Sumber Cahaya

Apabila mata sudah melihat ada banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata yang terkena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya. Penderita katarak dengan ciri ini biasanya ditemukan karena beberapa gangguan lain seperti diabetes, glaukoma, dan stroke.

  1. Pandangan Mata Kabur

Orang yang terkena katarak biasanya merasakan pandangan kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi setelah memakai kacamata, tapi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan kaca mata. Gejala Katarak Ringan

  1. Pandangan Mata Kuning

Semua orang yang terkena ciri ciri mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Beberapa orang katarak pada awalnya akan melihat warna televisi atau layar komputer mengalami perubahan. Pada dasarnya hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik. Gejala Katarak Ringan

  1. Gambar Menjadi Ganda

Semua orang yang terkena katarak akan melihat bahwa semua objek pandangan menjadi dua atau ganda. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya. Pengujian ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian, jika kondisinya tetap sama maka kemungkinan besar itu adalah gejala katarak ringan.

Nahh itulah beberpa informasi mengenai Gejala Katarak Ringan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan mata Anda agar terhindar dari penyakit katarak. Semoga bermanfaat..

Gejala Katarak Ringan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*