Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

 

 

Gejala Mata Katarak – Katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Sebuah katarak senilis, yang terjadi pada usia lanjut, pertama kali akan terjadi keburaman dalam lensa, kemudian pembengkakan lensa dan penyusutan akhir dengan kehilangan transparasi seluruhnya. Selain itu, seiring waktu lapisan luar katarak akan mencair dan membentuk cairan putih susu, yang dapat menyebabkan peradangan berat jika pecah kapsul lensa dan terjadi kebocoran. Bila tidak dioperasi, katarak dapat menyebabkan glaukoma.

Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

Katarak yang terjadi akibat usia lanjut bertanggung jawab atas 48% kebutaan yang terjadi di dunia, yang mewakili 18 juta jiwa, menurut WHO. kelayakan bedah katarak di beberapa negara belum memadai, sehingga katarak tetap menjadi penyebab utama kebutaan. Bahkan di mana ada layanan bedah yang tersedia, penglihatan yang rendah terkait dengan katarak masih dapat dijumpai, sebagai akibat dari lamanya menunggu untuk operasi dan hambatan untuk dioperasi, seperti biaya, kurangnya informasi dan masalah transportasi.

Di Amerika Serikat, katarak yang terjadi akibat usia lanjut dilaporkan mencapai 42% dari orang-orang antara usia 52 sampai 64, 60% dari orang-orang antara usia 65 dan 74, dan 91% dari mereka antara usia 75 dan 85.

Banyak kasus mata katarak berkembang secara lambat dan tidak mengganggu pandangan mata anda pada awalnya. Tetapi ketika noda putih pada lensa mulai muncul, maka kenyamanan penglihatan anda akan terganggu. Awalnya cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu penglihatan mata anda.

Tetapi jika hal ini sangat mengganggu keseharian anda, maka operasi merupakan prosedur yang anda butuhkan. Kabar baiknya prosedur operasi pengangkatan katarak mata aman dan efektif untuk dilakukan. Selain itu, pemerintah kita sekarang sudah menyediakan operasi mata katarak secara gratis.

GEJALA MATA KATARAK

Pada awal terjadinya katarak, seseorang akan merasa gejala mata katarak yaitu adanya selaput tipis yang menghalangi penglihatan atau merasa sangat silau jika berada dibawah cahaya terang, karena lensa yang keruh bukan memfokuskan cahaya yang masuk, tetapi memecahkannya. Gejala mata katarak lebih lanjut penglihatan menjadi semakin memburuk dan bila diperlihatkan lensa mata menjadi berwarna putih

Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

Berikut ini adalah beberapa Gejala mata katarak. Gejala mata katarak tersebut, yaitu :

  • Gejala mata katarak pertama yaitu Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.
  • Sulit melihat pada malam hari
  • Sensitif pada cahaya
  • Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar
  • Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas
  • Gejala mata katarak Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut
  • Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat
  • Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata

PENYEBAB MATA KATARAK

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab katarak. Berikut ini akan kami bahas mengenai penyebab mata katarak, yaitu :

  1. Bermacam-macam penyakit mata seperti glaukoma (tekanan bola mata yang tinggi), ablasi, usveitis eretinis pigmentosa
  2. Bahan toksik khusus (kimia dan fisik), obat-obatan steroid
  3. Keracunan beberapa jenis obat-obatan (kortikosteroid, ergot, antikolinesterase topikal)
  4. Kelainan sistemik atau metabolik : Diabetes melitus, galaktosemi dan distrofi miotik

Sekian artikel mengenai Gejala mata katarak. Semoga artikel mengenai gejala mata katarak diatas dapat bermanfaat untuk anda … 🙂

Gejala Mata Katarak, Apa Saja ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*