Jenis Katarak Yang Harus Anda Ketahui !

Jenis Katarak Yang Harus Anda Ketahui !

 

Jenis Katarak – Katarak merupakan kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata sehingga mata menjadi silau.

Penyakit Katarak yang terjadi akibat usia lanjut bertanggung jawab atas 48 persen atas kebutaan yang terjadi di dunia, yang mewakili 18 juta jiwa, berdasarkan WHO. Kelayakan bedah katarak di beberapa negara belum memadai, sehingga katarak tetap menjadi penyebab utama kebutaan.

Selain itu, Seiring berjalannya usia, fleksibilitas mata mengalami penurunan, begitu pula dengan ketebalan dan kejernihan mata. Lensa terdiri dari air dan serat protein.

Dengan bertambahnya usia, komposisi mata mengalami perubahan dan struktur serat protein mengalami penurunan. Beberapa serat protein akan menggumpal dan menyebabkan noda pada lensa mata. Inilah yang menyebabkan Katarak sering terjadi.

Jenis Katarak

Jenis Katarak

Jenis Katarak

Terdapat perbedaan jenis katarak. Jenis ini diklasifikasikan berdasarkan dimana, letak dan bagaimana berkembangnya katarak pada mata.

  • Katarak Nuclear : jenis katarak ini terbentuk di tengah lensa, dan menyebabkan nukleus atau bagian tengah mata menjadi kecoklatan dan kekuningan.
  • Katarak Kortikal : pelebaran seperti wedge-shape, dan terbentuk di tepi nukleus.
  • Katarak Radiasi : jenis katarak ini terbentuk setelah seseorang terpapar radioasi baik radiasi nuklir maupun radiasi dari terapi kanker.
  • Katarak Traumatik : jenis katarak ini didapat setelah kerusakan mata, tetapi membutuhkan beberapa tahun setelah trauma untuk memicu katarak jenis ini.
  • Katarak Sekunder : jenis katarak ini disebabkan penyakit dan pengobatan. Penyakit ini berkaitan dengan perkembangan katarak seperti glaukoma dan diabetes. Penggunaan kortikosteroid seperti prednison dan pengobatan lain juga dapat memicu katarak jenis ini.
  • Katarak Kongenital : jenis katarak ini muncul pada bayi baru lahir, terbentuk ketika tahun pertama bayi dan jarang terjadi pada usia selanjutnya.
  • Katarak Posterior Kapsular : jenis katarak ini terbentuk lebih cepat dibanding jenis nuklear dan kortikal, dan terjadi kekeruhan pada belakang lensa.

Gejala Katarak

berikut ini adalah beberapa gejala dari mata yang terkena katarak  :

  1. Lukisan Pada Mata

Pada awalnya ciri ciri mata katarak akan terbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Namun pada saat itu biasanya pandangan mata akan sedikit kabur. Jika dibiarkan dalam waktu yang lebih lama maka pandangan akan kabur, terlihat awan pada mata dan gelap. Lensa mata akan mengalami perubahan warna dan beberapa orang sering melihat lensa mata yang tidak fokus. Hal ini dapat terjadi karena mata tidak bisa memandang sebuah objek dengan fokus.

  1. Lapisan Kuning atau Coklat

Pada gejala yang awal maka mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Kondisi ini akan menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari. Pada saat tertentu maka mata juga tidak akan peka terhadap cahaya lampu. Orang yang memiliki katarak awal sangat rentan mengalami kecelakaan apabila mengemudi pada malam hari.

  1. Mata Silau

Biasanya mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu. Pada kondisi ini sebenarnya katarak belum terlalu parah dan bisa diobati dengan beberapa metode. Meskipun metode ini hanya untuk mencegah agar katarak tidak bertambah parah.

  1. Mata Melihat Cincin di Sumber Cahaya

Apabila mata sudah melihat ada banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata yang terkena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya. Penderita katarak dengan ciri ini biasanya ditemukan karena beberapa gangguan lain seperti diabetes, glaukoma, dan stroke.

  1. Pandangan Mata Kabur

Orang yang terkena katarak biasanya merasakan pandangan kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi setelah memakai kacamata, tapi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan kaca mata.

  1. Pandangan Mata Kuning

Semua orang yang terkena ciri ciri mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Beberapa orang katarak pada awalnya akan melihat warna televisi atau layar komputer mengalami perubahan. Pada dasarnya hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

  1. Gambar Menjadi Ganda

Semua orang yang terkena katarak akan melihat bahwa semua objek pandangan menjadi dua atau ganda. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya. Pengujian ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian, jika kondisinya tetap sama maka kemungkinan besar itu adalah gejala awal pada mata.

Pencegahan Katarak

Tidak ada pengobatan untuk mencegah atau memperlambat perkembangan katarak. Dalam kasus mata katarak yang terkait usia, perubahan visi bisa sangat bertahap. Beberapa orang mungkin awalnya tidak menyadari perubahan visual. Namun, seiring katarak memburuk, gejala visi meningkat.

Tapi beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu Anda untuk memperlambat prosesnya — atau bahkan, mencegahnya sama sekali. Misalnya:

  1. Pakai kacamata hitam saat cuaca terik

Kenakan kacamata hitam dan topi dengan pinggiran untuk memblokir sinar matahari ultraviolet dapat membantu untuk menunda katarak. Jika Anda merokok, berhenti sekarang juga.

  1. Batasi asupan karbohidrat

Menurunkan risiko katarak dapat dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Investigative Ophthalmology & Visual Science menemukan bahwa orang yang makan banyak karbohidrat berada pada tiga kali lipat risiko katarak daripada mereka yang makan paling sedikit.

  1. Minum teh

Teh hijau atau hitam dapat menyelamatkan penglihatan kita. Sebuah studi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan teh hijau dan hitam dapat menghambat perkembangan katarak yang terkait diabetes.

  1. Perbanyak asupan vitamin C

Peningkatan asupan vitamin C telah dikaitkan dengan penurunan risiko mata katarak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa kadar tinggi vitamin C mengurangi risiko katarak sebesar 64 persen. Asupan nutrisi lainnya, seperti lutein dan zeaxanthin, vitamin E dan zinc, juga dikenal mampu untuk mengurangi risiko sejumlah penyakit mata, termasuk katarak. Para peneliti juga merekomendasikan Anda untuk perbanyak sayuran makan berdaun hijau, buah, dan makanan lain dengan antioksidan.

Sementara itu, asupan cukup tinggi dari lycopene — bahan kimia alami yang memberikan warna merah pada buah-buahan dan sayuran — dikaitkan dengan 46 persen peningkatan risiko mata katarak. Sekian artikel mengenai jenis katarak, semoga bermanfaat …

Jenis Katarak Yang Harus Anda Ketahui !

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*