Jenis Operasi Katarak

Jenis Operasi Katarak

 

Jenis Operasi Katarak, Katarak juga merupakan penyebab utama  hilangnya penglihatan di Indonesia. Katarak memiliki derajat kepadatan yang bervariasi dan dapat disebabkan oleh berbagai hal, tetapi biasanya berkaitan dengan penuaan.2 Katarak umumnya merupakan penyakit pada usia lanjut, namun dapat juga merupakan kelainan kongenital, atau penyulit penyakit mata lokal menahun. Bermacam-macam penyakit mata dapat mengakibatkan katarak seperti glaukoma, , ablasi, uveitis, dan retinitis pigmentosa. Selain itu, katarak dapat berhubungan dengan proses penyakit intraokular lainnya.

Jenis Operasi Katarak

Jenis Operasi Katarak

Saat ini, katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia dimana hampir setengah dari 45 juta orang mengalami kebutaan dan hampir 90% berasal dari daerah Asia dan Afrika. Sementara itu, sepertiga dari seluruh kasus kebutaan terjadi di daerah Asia Tenggara dan diperkirakan setiap menitnya 12 orang mengalami kebutaan di dunia dan 4 orang diantaranya berasal dari Asia Tengara.

Jenis Operasi Katarak

Saat ini ada beberapa teknik operasi katarak. Supaya Anda tak salah pilih, berikut ini 3 jenis operasi katarak yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Phacoemulsification

Teknik operasi ini menggunakan mesin khusus dengan cara memecahkan dan mengeluarkan lensa katarak dengan gelombang ultrasonik. Setelah lensa katarak mata dikeluarkan, maka akan diganti dengan lensa pengganti atau lensa phaco buatan.

Kendala yang dihadapi jenis operasi katarak ini adalah harga mesinnya yang mahal dan membutuhkan mikroskop yang besar. Sehingga, teknik ini cocok bagi negara-negara kaya dan maju, atau rumah sakit modern. Selain itu, harga satu buah lensa phacoe setara dengan 5 lensa non-phaco.

Sedangkan mikroskop besarnya memiliki berat sekitar 150 kg, yang membuat mikroskop tersebut tidak praktis untuk dibawa kemana-mana dan hanya memungkinkan operasi dilakukan di rumah sakit

  1. Small Incision Cataract Sustruction (SICS)

Teknik ini hanya memerlukan dua sayatan kecil di sisi bola mata, lalu melepas lensa mata keruh dan memasangkan lensa intraokular buatan. Hasil operasi teknik ini sama dengan hasil operasi teknik phacoemulsification. Tak hanya itu, waktu operasi juga relatif singkat, sekitar 5-8 menit, dan pasien langsung bisa melihat kembali.

Teknik yang dikembangkan di Institut Tilganga, Nepal, oleh Sanduk Ruit ini menggunakan mikroskop portable, yang memudahkan untuk dibawa kemana-mana dengan berat hanya 10 kg. Tak heran jika operasi ini lebih banyak digunakan dan tergolong lebih murah, dengan harga lensa hanya seperlima dari lensa phacoe buatan.

  1. Teknik Jahitan

Jenis operasi katarak ini merupakan teknik lama. Operasi dengan sayatan yang lebar dan kemudian bola mata dijahit. Teknik ini digunakan untuk orang yang memiliki katarak yang sangat keras atau memiliki jaringan epitel kornea yang lemah.

Prosedur pengambilan katarak ini memiliki risiko dan komplikasi yang tinggi karena pembuatan sayatan yang besar dan jumlah tekanan yang digunakan untuk menempatkan lensa pada vitreous mata. Teknik ini juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih kembali.

Pengobatan Katarak Tanpa Operasi

Untuk mengobati dan mencegah katarak, Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang baik untuk mata. Ada banyak suplemen mata yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen mata S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit mata dan penyakit kronis lainnya. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

S-Lutena Naturally Plus adalah suplemen yang memiliki efek terapi tinggi untuk penyakit mata dan berbagai penyakit berat lainnya. Dengan kandungan buah dan sayur + DHA yang 100% alami, produk ini telah membantu banyak orang terbebas dari penderitaan panjang berbagai penyakit mata maupun penyakit lainnya

Tidak hanya baik untuk mata Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dll.

Jenis Operasi Katarak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*