Katarak Ciri-Cirinya

Katarak Ciri-Cirinya

 

Katarak Ciri-Cirinya – Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tetapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Katarak Ciri-Cirinya

Katarak Ciri-Cirinya

Sebuah katarak senilis, yang terjadi pada usia lanjut, pertama kali akan terjadi keburaman dalam lensa, kemudian pembengkakan lensa dan penyusutan akhir dengan kehilangan transparasi seluruhnya. Selain itu, seiring waktu lapisan luar katarak akan mencair dan membentuk cairan putih susu, yang dapat menyebabkan peradangan berat jika pecah kapsul lensa dan terjadi kebocoran. Bila tidak dioperasi, katarak dapat menyebabkan glaukoma.

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada bayi dan anak-anak (katarak anak-anak), meski kemungkinannya sangat kecil. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang-orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula.

Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 210.000 penderita baru yang muncul setiap tahun. Dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak.

Penyebab dan Faktor Risiko Katarak

Penyebab katarak belum diketahui secara pasti. Seiring bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata akan berubah, termasuk kandungan airnya. Inilah yang memungkinkan lensa mata yang tadinya bening, berubah menjadi keruh.

Hingga saat ini, alasan di balik proses penuaan yang dapat berujung pada perubahan protein di lensa mata belum diketahui. Meski demikian, ada beberapa faktor lain yang akan mempertinggi risiko Anda terkena katarak. Di antaranya adalah:

  • Mata yang terpajan sinar matahari untuk waktu yang lama.
  • Penyakit-penyakit tertentu, misalnya diabetes atau peradangan pada bagian tengah mata (uveitis) jangka panjang.
  • Konsumsi obat kortikosteroid berdosis tinggi untuk waktu lama.
  • Pernah menjalani operasi mata.
  • Pernah mengalami cedera pada mata.
  • Memiliki riwayat katarak dalam keluarga.
  • Pola makan yang tidak sehat dan kekurangan vitamin.
  • Konsumsi minuman keras dalam jumlah banyak secara rutin.
  • Merokok.

Ciri Penyakit Katarak

Berikut adalah uraian mengenai ciri penyakit katarak yang secara umum di alami oleh penderita mata katarak, antara lain :

  1. Penglihatan Kabur

Pernahkah Anda mengalami penglihatan yang kadang kabur seperti terdapat kabut yang menyelimuti lensa mata Anda? kemungkinan besar itu adalah ciri penyakit katarak.

  1. Sulit Melihat Di Tempat Terang

Ciri penyakit katarak biasanya penderita akan sulit melihat di tempat yang cenderung silau karena ia akan lebih sensitive terhadap sinar matahari.

  1. Penglihatan Ganda

Terkadang, penderita katarak juga mengalami penglihatan ganda. Sehingga, apabila melihat satu objek, mereka seperti melihat dua buah objek.

  1. Penglihatan Malam Yang Lebih Nyaman

Penglihatan malam akan terasa begitu nyaman dibandingkan dengan siang hari. Ini karena, di malam hari tidak terdapat cahaya yang mengilaukan layaknya cahaya di siang hari.

  1. Perubahan Tajam

Pada penglihatan, kita bisa mengalami perubahan penglihatan yang sangat tajam dari waktu ke waktu. Sehingga, apabila kita mengenakan kacamata, maka akan sangat sering mengalami penggantian kacamata tersebut.

  1. Terdapat Lingkaran Cahaya Saat Memandang Sinar

Pada saat lensa mata memandang atau menangkap cahaya, mata hanya mampu menangkap sinar seperti sebuah lingkaran.

  1. Membutuhkan Cahaya Terang Untuk Membaca Atau Ketika Beraktivitas

Ciri penyakit katarak berikutnya adalah penderita membutuhkan cahaya terang untuk membaca ataupun beraktivitas. Penderita katarak sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup terang ketika melakukan berbagai aktivitas.

  1. Sering Mengganti Kacammata Atau Lensa Kontak Karna Ketidaknyamanan

Ciri penyakit katarak adalah penderita yang menggunakan alat bantu untuk membaca dan melihat, cenderung lebih sering mengganti kacamata atau lensa kontak karna faktor ketidaknyamanan seperti ketika di rasa mata tidak lagi dapat melihat atau menangkap suatu objek benda atau cahaya sekalipun, penderita katarak mata mampu mengganti kacamata atau kontak lensa dua kali dalam sebulan.

Itulah beberapa ciri penyakit katarak. Sekian artikel mengenai katarak ciri-cirinya. Semoga beragam informasi mengenai katarak dan ciri penyakit katarak di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Katarak Ciri-Cirinya

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*