Katarak – Informasi Katarak Mata

Katarak – Informasi Mengenai Katarak Mata

 

 

Katarak – Katarak adalah bagian belakang lensa mata yang berkabut. Pada katarak yang berkaitan dengan penuaan, jaringan dalam lensa mata mulai rusak dan saling menggumpal, menyebabkan lensa kurang lentur dan transparan. Kabut pada lensa ini memengaruhi pandangan seseorang, membuat penglihatannya semakin samar.

Hal ini mungkin terjadi karena perubahan dalam protein yang dikemas ke dalam lensa. Katarak sangat umum, lebih dari setengah orang Amerika usia 65 dan lebih tua memiliki katarak (sering di kedua mata), dan diperkirakan bahwa hampir setiap orang akan mengembangkan satu jika mereka hidup cukup lama. Katarak membutuhkan waktu lama untuk berkembang ke titik bahwa mereka adalah masalah serius bagi visi Anda. Ada beberapa jenis katarak, yang paling umum disebut katarak nuklir karena mempengaruhi bagian dalam lensa. Dalam bentuk yang disebut katarak kortikal, bagian luar lensa menjadi keruh.

JENIS KATARAK

Katarak - Informasi Mengenai Katarak Mata

Katarak – Informasi Mengenai Katarak Mata

  1. Nuclear. Terjadi tengah lensa. Pada tahap awal akan ada perubahan pada fokus cahaya. Untuk sementara waktu anda akan mengalami kemajuan penglihatan khususnya dalam membaca. Tetapi kemudian penglihatan akan mejadi menguning dan terbentu noda putih pada lensa. Lebih lanjut lagi daya lihat akan memburuk dengan penglihatan menjadi coklat. Pada tahap yang parah akan sulit membedakan warna karena pandangan akan menjadi biru atau ungu.
  2. Cortical. Dimulai dengan terbentuknya noda pada lapisan luar mata. Proses ini berjalan dengan lambat. Kemudian noda ini dapat menjalar ke bagian tengah lensa dan mengganggu aliran cahaya ke pusat lensa. Orang dengan jenis ini akan mengalami silau ketika melihat cahaya.
  3. Subcapsular. Jenis penyakit mata ini dimulai dengan terbentuknya area buram dibawah lensa. Jenis penyakit mata ini biasanya terbentuk di belakang lensa yang merupakan jalan cahaya ke retina mata. Jenis penyakit mata ini sering mempengaruhi kemampuan baca, mengurangi kemampuan melihat dalam cahaya terang dan menyebabkan silau atau lingkaran cahaya ketika melihat sinar di malam hari.

GEJALA KATARAK

Seorang penderita mungkin tidak menyadari telah mengalami gangguan jenis penyakit mata ini. Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat sudah tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Daya penglihatan baru terpengaruh setelah penyakit ini berkembang sekitar 3—5 tahun. Karena itu, pasien penyakit mata ini biasanya menyadari penyakitnya setelah memasuki stadium kritis.

Pada awal serangan, penderita penyakit mata ini akan merasa gatal-gatal pada mata, air matanya mudah keluar, pada malam hari penglihatan terganggu, dan tidak bisa menahan silau sinar matahari atau sinar lampu. Selanjutnya penderita akan melihat selaput seperti awan di depan penglihatannya. Awan yang menutupi lensa mata tersebut akhirnya semakin merapat dan menutup seluruh bagian mata. Bila sudah sampai tahap ini, penderita akan kehilangan peng-lihatannya.

Katarak - Informasi Mengenai Katarak Mata

Katarak – Informasi Mengenai Katarak Mata

  • Penglihatan berkabut atau samar
  • Melihat lingkaran cahaya di sekitar cahaya pada malam hari
  • Kepekaan pada kondisi silau
  • Sulit membedakan bentuk warna
  • Melihat gambar ganda atau lebih dari satu
  • Sulit melihat pada malam hari

PENYEBAB KATARAK

Sebagian besar penyakit mata ini terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. Katarak kebanyakan muncul pada usia lanjut. Data statistik menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang berusia di atas 65 tahun menderita katarak. Sekitar 550% orang berusia 75— 85 tahun daya penglihatannya berkurang. Walaupun sebenarnya dapat diobati, katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia.

FAKTOR RESIKO KATARAK

Faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang terkena katarak antara lain :

  • Usia
  • Diabetes
  • Sejarah keluarga dengan katarak
  • Pernah mengalami cedera atau radang pada mata
  • Pernah mengalami operasi mata
  • Penggunaan corticosteroids dalam jangka waktu lama
  • Terkena sinar matahari secara berlebihan
  • Terkena radiasi ion
  • Merokok

Sekian Informasi yang dapat kami berikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda . . . 🙂

Katarak – Informasi Mengenai Katarak Mata

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*