Katarak Juvenil

Katarak Juvenil

 

Katarak Juvenil merupakan katarak lembek yang terdapat pada orang muda dan mulai terbentuknya pada usia 3 bulan sampai 9 tahun. Katarak kongenital dan infantile secara umum terjadi dalam 1 dalam setiap 2000 kelahiran hidup, yang terjadi akibat gangguan pada perkembangan normal lensa. Prevalensi pada negara berkembang sekitar 2-4 tiap 10.000 kelahiran hidup.

Katarak Juvenil

Katarak Juvenil

Gejala katarak juvenil berupa pandangan kabur, silau, halo dan penurunan tajam, bayangan ganda dapat juga awal dari katarak. Selain itu kadang dapat ditemukan gejala awal seperti silau dan diplopia monokular yang tidak dapat dikoreksi. Pada penderita yang tidak dapat melihat baik dengan kacamata, dapat dilakukan operasi Intracapsular Cataract Extraction (ICCE) atau Extracapsular Cataract Extraction (ECCE) berupa Small Incision Cataract Surgery (SICS) dan teknik terbaru Phacoemulsification.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya katarak seperti usia lanjut, kongenital, penyakit mata (glaukoma, ablasi, uveitis, retinitis pigmentosa, penyakit intraokular lain), bahan toksis khusus (kimia dan fisik), keracunan obat (eserin, kotikosteroid, ergot, asetilkolinesterase topikal), kelainan sistemik atau metabolik (DM, galaktosemi, distrofi miotonik), genetik dan gangguan perkembangan, infeksi virus dimasa pertumbuhan janin. Faktor resiko dari katarak antara lain DM, riwayat keluarga dengan katarak, penyakit infeksi atau cedera mata terdahulu, pembedahan mata, pemakaian kortikosteroid, terpajan sinar UV dan merokok.

Mencegah Katarak

Untuk mengatasi penyakit katarak adalah dengan cara dioperasi, namun dapat pula dikurangi efeknya dengan cara alami. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit katarak? Berikut akan saya jabarkan :

  1. Periksakan diri ke dokter jika mengalami gangguan pada mata. Jangan menunda apapun jika anda merasakan gejala penyakit katarak walau sangat kecil.
  2. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C,A,dan E. Vitamin- vitamin tersebut telah terbukti dapat mencegah kemungkinan penyakit mata terutama katarak dan sebagai asupan gizi harian anda. Untuk itu, jangan malas untuk mengkonsumsi jenis sayuran dan buah mengandung vitamin- vitamin tersebut.
  3. Menggunakan kacamata hitam di luar ketika di bawah terik matahari. Jika kita berada di luar rumah dan tepat di bawah terik matahari yang cerah, sebaiknya pakailah kacamata hitam agar menghindarkan dari radiasi sinar UV yang berasal dari radiasi matahari. Karena sudah di jelaskan di atas, bahwa sinar UV sangat mempengaruhi gejala penyakit katarak.
  4. Minum segelas jus wortel setelah makan siang dapat membantu mencegah perkembangan gejala menjadi lebih parah. Karena jus wortel mengandung beta karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A.
  5. Kunyit dan jahe yang juga dapat membantu menekan perkembangan pada mata katarak. Karena kunyit dan jahe bersifat antioksidan kuat anti peradangan.
  6. Meningkatkan konsumsi bayam atau sayuran dari rumput laut untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlancar aliran darah.
  7. Hindari makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak tak jenuh, gula dan jumlah tinggi sodium. Makanan yang di sarankan adalah makanan yang kaya akan magnesium seperti kerang, biji-bijian, telur dan sayuran hijau. Fungsi magnesium pada mata yang mengalami katarak yaitu meningkatkan kesehatan darah dan fungsi otot.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mencegah penyakit katarak dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk mata. Ada banyak suplemen mata yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen mata S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit mata dan penyakit kronis lainnya. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

Katarak Juvenil

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*