Katarak Mata Dan Faktor Penyebab

Katarak Mata Dan Faktor Penyebab

 

Katarak mata adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

Katarak Mata Dan Faktor Penyebab

Katarak Mata Dan Faktor Penyebab

Katarak mata terjadi akibat gangguan metabolisme dari lensa mata. Lensa mata yang mestinya jernih, karena metabolismenya terganggu, membuat warnanya menjadi keruh. Akibatnya, sinar yang masuk tidak dapat tembus karena terhalang. Gangguan metabolisme bisa terjadi karena berbagai faktor. Faktor usia (sebagai proses degenerasi dan biasanya terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun), trauma (karena benturan yang cukup keras misalnya), atau penyakit seperti diabetes. Namun faktor yang paling penting dan paling besar pengaruhnya adalah paparan sinar ultraviolet (UV).

Katarak mata dapat menyerang siapa pun. Tanda yang telihat adalah lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan pandangan kabur. Biasanya katarak mata menyerang usia tua. Namun untuk sekarang ini, usia muda sudah dimungkinkan mengalami penyakit ini. Noda putih yang menghalangi penglihatan pada mata katarak adalah protein. Protein ini jika sudah terakumulasi penuh akan menyebabkan penderitanya mengalami kebutaan.

Solusi katarak mata yang paling popular adalah bedah mata. Lensa mata diambil dan diganti dengan lensa mata tiruan sehingga orag mampu membenahi fungsi penglihatannya kembali. Meski begitu, ada baiknya mencegah penyakit ini terjadi pada diri Anda. Kenali faktor penyebab katarak mata berikut ini agar Anda bisa lebih waspada:

  1. Ini menjadi penyebab umum katarak dari degenerasi organ mata. Protein lensa semakin turun dan membuat pengeruhan. Akibatnya fungsi penglihatan terganggu.
  1. Trauma yang melibatkan mata dimungkinkan terjadi penebalan, pembengkakan, hingga keluarnya warna putih di lensa mata. Serat putih ini nantinya dapat memicu katarak
  1. Jika orang tua atau generasi sebelumnya ada yang mengalami katarak, dimungkinkan dapat menurun ke anak atau generasi setelahnya.
  1. Penyakit kulit. Penyakit kulit seperti dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim dapat memicu pembentukan kekeruhan di lensa mata.
  1. Penyaki infeksi yang bisa memicu kemunculan katarak adalah kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis. Katarak yang muncul karenan sebab ini merupakan penyebaran infeksi.
  1. Penyakit gula darah menimbulkan katarak karena enzim aldosa reduktase yang memicunya. Oleh sebab itu, menjaga gula darah sangat penting.
  1. Pemakaian obat. Obat yang bisa mengganggu fungsi penglihatan di antaranya yaitu dari jenis kortikosteroid.

Gejala Katarak Mata

Penderita katarak mata akan mengalami pengelihatan yang buram, ketajaman pengelihatan berkurang, sensitivitas kontras juga hilang, sehingga kontur, warna bayangan dan visi kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata. Tes sensitivitas kontras harus dilakukan dan jika kekurangan sensitivitas kontras terlihat makan dianjurkan untuk konsultasi dengan spesialis mata.

Penderita mata katarak memang didominasi oleh usia lanjut. Namun dengan menjaga kesehatan secara umum, penyakit katarak mata ini bisa dihindari.

Pencegahan Katarak Mata

Langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan terkena katarak mata antara lain :

  1. Jangan merokok
  2. Makan makanan dengan gizi seimbang
  3. Lindungi mata anda dari pancaran sinar matahari
  4. Menjaga kesehatan tubuh secara umum
  5. Rutin melakukan pemeriksaan mata
  6. Diet sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, E.
  7. Menggunakan kacamata hitam bila diluar ruangan untuk melindungi mata dari paparan lanngsung sinar UV
  8. Tidak minum minuman beralkohol

Meskipun sebagian besar katarak mata terkait dengan usia, terdapat faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko terkena katarak. Risiko ini mencakup mereka yang merokok, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu berlebihan, pernah mengalami cedera mata atau bedah mata.

Orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat katarak dalam keluarga juga memiliki risiko perkembangan katarak yang lebih besar. Penggunaan steroid juga berkontribusi pada risiko perkembangan katarak. Dalam beberapa kasus, katarak juga muncul di saat kelahiran. Penderita mata katarak memang didominasi oleh usia lanjut. Namun dengan menjaga kesehatan secara umum, penyakit katarak mata ini bisa dihindari.

Katarak Mata Dan Faktor Penyebab

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*