MATA KATARAK, OBAT KATARAK KITOLOD

MATA KATARAK, OBAT KATARAK KITOLOD

 

MATA KATARAK – Mata katarak adalah suatu kondisi dimana penderita mata mengalami kerusakan pada mata. Penglihatan akan buram hingga sampai mengalami kebutaan. Mata katarak adalah gangguan yang terjadi pada mata, yang dapat disbabkan oleh faktor usia, radiasi, keturunan, penyakit diabetes, dan lainnya. Gangguan mata tersebut menyebabkan lensa mata mengalami penurunan fungsi. Dengan ditandai mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, lensa mata seolah-olah berkabut, kehilangan intensitas warna, penglihatan menjadi ganda, dan juga kesulitan untuk melihat pada waktu malam hari. Pengobatan yang sering dilakukan untuk mengatasi penyakit mata katarak ini adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan.

mata katarak

Mata Katarak

Ada tanaman herba yang aman untuk mengobati mata katarak, yaitu kitolod atau Isotoma longiflora. Seluruh bagian herba kitolod ini dapat bermanfaat untuk pengobatan. Dalam kitolod terdapat senyawa saponin, flavonoid, polifenol dan alkaloid. Alkoloid sendiri memiliki senyawa seperti lobeline, isotamine, lobelamine, serta efek farmakologi. Kitoloid dapat bersifat antiinflamasi, antineoplasmik atau antikanker, menghilangkan nyeri, menghentikan pendarahan serta menjadi antibiotik yang mengandung bakterisida yang berfungsi secara cepat membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri atau mikrobakteri.

 

APA ITU OBAT MATA KATARAK KITOLOD ?

Tanaman kitolod dengan nama latin isotoma longiflora presi bukan termasuk tanaman langka. Tumbuhan yang berasal dari hindia barat ini biasanya tumbuh liar di pinggir saluran air, pematang sawah, sekitar pagar dan tempat lembab lainnya

Dalam bahasa sunda tumbuhan ini bernama korejat. Atau yang lebih dikenal kitolod. Kitolod dapat mengobati berbagai penyakit seperti, minus pada mata, katarak, diabetes dan berbagai macam penyakit termasuk mata katarak. Hampir semua bagian pada tumbuhan pada kitolod dapat digunakan untuk pengobatan herbal. Kitolod atau isotoma longiflora adalah tumbuhan yang memiliki senyawa alkaloid seperti lobeline, lobelamine, dan isotamine, juga memiliki efek farmakologis. Kandungan senyawa dalam tanaman kitolod :

  • Alkoloid merupakan senyawa basa bernitrogen yang mempunyai kelebihan hetererosiklik yang merupakan senyawa kimia yang mengandung atom cincin selain karbon seperti belerang, oksigen ataupun nitrogen. Efek farmakologis yang di sebabkan senyawa ini adalah rasa pahit atau getir pada saat lidah merasakan getah dari kitolod
  • Lobelin adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam alkoloid yang mengandung piperidina yang di gunalan sebagai pelarut dalam berbagai macam obat-obatan..
  • Isotamine atau isoniazid ( Laniazid, Nydrazid ) juga di kenal sebagai Isonicotnyl Hydrazine ( INH ) merupakan antibiotik yang mengandung bakterisida yang akan dengan cepat membunuh dan menghentikan pertumbuhan mikrobakteri. Zat ini tidak bekerja untuk membunuh virus tapi sangat ampuh untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Zat isoniazid sendiri dapat di temukan pada obat-obatan untuk penyakit TBC.

 

Kitolod Untuk Pengobatan Mata Katarak

  • Ambil satu batang bunga kitolod , kemudian bersihkan pada air yang mengalir hingga kotoran yang menempel pada kitolod dapat hilang.
  • Setelah di bersihkan, celupkan pada air yang bersuhu normal, tidak panas juga tidak terlalu dingin
  • Potong sedikit ujung dari bunga kitolod, kemudian celupkan pada gelas yang berisi air.
  • Bunga kitolod yang telah di celupkan tersebut, kemudian di teteskan pada mata yang sakit. Atau keduanya. Bisa juga di gunakan untuk mata yang normal agar mata menjadi bersih dan terhindar dari segala penyakit mata.
  • Sesaat setelah diteteskan, otot-otot mata akan terjadi pergangan dan akan terasa perih, tapi ini hanya akan berlangsung 15 menit, setelah itu mata akan menjadi merah dan terasa lebih ringan.

Gunakan sehari sekali, sebelum tidur atau pada pagi hari. Jika di gunakan sebelum tidur, maka pada pagi hari mata akan terasa berbelek atau ada terasa seperti kristal di sekitaran mata, hal itu terjadi karena kotoran atau debu pada mata akan keluar melalui air mata.

Sekian artikel mengenai mata katarak dan obat katarak kitolod. Semoga artikel mengenai mata katarak dan obat katarak kitolod dapat bermanfaat untuk anda.

 

MATA KATARAK, OBAT KATARAK KITOLOD

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*