Mencegah Penyakit Katarak Mata

Mencegah Penyakit Katarak Mata

 

Mencegah Penyakit Katarak Mata, Penyakit Katarak merupakan gangguan penglihatan karena lensa mata keruh sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak bisa diterima oleh retina dengan sempurna. Penyakit katarak menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram atau bahkan kebutaan. Sebagian besar kebutaan akibat katarak masih bisa ditanggulangi jika mendapatkan perawatan yang tepat.

Mencegah Penyakit Katarak Mata

Mencegah Penyakit Katarak Mata

Penyakit katarak terjadi secara perlahan-perlahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. Oleh karena itu, pasien katarak biasanya baru menyadari penyakitnya setelah penyakitnya cukup parah.

Berikut ini beberapa gejala yang dirasakan penderita penyakit katarak. Jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, segera periksa ke dokter mata terdekat supaya Anda tahu apa yang terjadi pada mata Anda :

  • Pada sore dan malam hari penglihatan semakin kabur.
  • Sangat silau bila melihat sinar matahari atau cahaya yang terang.
  • Sering ganti kacamata minus/plus.
  • Pada keadaan terang, mata terasa silau.
  • Melihat selaput seperti awan ketika melihat.
  • Penglihatan buram seperti melihat dari balik kaca yang hitam.
  • Merasa gatal-gatal pada mata
  • Sering keluar air dari mata.
  • Perubahan warna (menjadi lebih putih) pada bagian hitam mata.
  • Jika sudah tingkat lanjut, bisa terjadi kebutaan total.

Penyebab Penyakit Katarak

Penyakit katarak bisa disebabkan karena kecelakaan atau trauma. Sebuah benda asing yang merusak lensa mata bisa menyebabkan penyakit katarak. Namun, penyakit katarak paling lazim mengenai orang-orang yang sudah berusia lanjut. Biasanya kedua mata akan terkena dan sebelah mata lebih dulu terkena baru mata yang satunya lagi.

Penyakit katarak juga bisa terjadi pada bayi-bayi yang lahir prematur atau baru mendapatkannya kemudian karena warisan dari orang tuanya. Namun kembali lagi, katarak mata hanya lazim terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut. Coba perhatikan hewan yang berumur tua, terkadang bisa kita melihat pengaburan lensa di matanya. Semua ini karena faktor degenerasi.

Untuk mengatasi penyakit katarak adalah dengan cara dioperasi, namun dapat pula dikurangi efeknya dengan cara alami. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit katarak ? Berikut akan saya jabarkan :

  1. Melakukan Pemeriksaan Mata

Mencegah penyakit katarak adalah periksakan ke dokter jika mengalami gangguan pada mata. Jangan menunda apapun jika anda merasakan gejala penyakit katarak walau sangat kecil.

  1. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Mencegah penyakit katarak dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C,A,dan E. Vitamin- vitamin tersebut telah terbukti dapat mencegah kemungkinan penyakit mata terutama katarak dan sebagai asupan gizi harian anda. Untuk itu, jangan malas untuk mengkonsumsi jenis sayuran dan buah mengandung vitamin- vitamin tersebut.

  1. Menggunakan Kacamata Hitam Ketika Diluar Ruangan

Mencegah penyakit katarak dengan menggunakan kacamata hitam di luar ketika di bawah terik matahari. Jika kita berada di luar rumah dan tepat di bawah terik matahari yang cerah, sebaiknya pakailah kacamata hitam agar menghindarkan dari radiasi sinar UV yang berasal dari radiasi matahari. Karena sudah di jelaskan di atas, bahwa sinar UV sangat mempengaruhi gejala penyakit katarak.

  1. Minum Jus Wortel

Mencegah penyakit katarak dengan minum segelas jus wortel setelah makan siang dapat membantu mencegah perkembangan gejala menjadi lebih parah. Karena jus wortel mengandung beta karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A.

  1. Mengkonsumsi Kunyit Dan Jahe

Mencegah penyakit katarak dengan mengkonsumsi adalah kunyit dan jahe yang juga dapat membantu menekan perkembangan pada mata katarak. Karena kunyit dan jahe bersifat antioksidan kuat anti peradangan.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Menghindari makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak tak jenuh, gula dan jumlah tinggi sodium. Makanan yang di sarankan adalah makanan yang kaya akan magnesium seperti kerang, biji-bijian, telur dan sayuran hijau. Fungsi magnesium pada mata yang mengalami katarak yaitu meningkatkan kesehatan darah dan fungsi otot. Cara ini juga dapat dilakukan sebagai cara mencegah penyakit katarak.

  1. Menghindari Penggunaan Alkohol Yang Berlebihan

Mencegah penyakit katarak dengan menghindari alkohol. Orang yang minum lebih dari dua gelas per minggu dari setiap jenis(bir, anggur, atau sulingan) memiliki risiko lebih besar dari 10 persen terkena beberapa jenis katarak.

  1. Pertahankan Berat Badan Yang Sehat

Mencegah penyakit katarak dengan mempertahankan berat badan. Studi menunjukkan bahwa penderita obesitas memiliki risiko lebih besar dari 30 persen terkena katarak dibandingkan dengan individu dengan berat badan yang sehat.

Selain dengan cara diatas, mencegah penyakit katarak mata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk mata. Ada banyak suplemen mata yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen mata S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit mata dan penyakit kronis lainnya. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

S-Lutena Naturally Plus adalah suplemen yang memiliki efek terapi tinggi untuk penyakit mata dan berbagai penyakit berat lainnya. Dengan kandungan buah dan sayur + DHA yang 100% alami, produk ini telah membantu banyak orang terbebas dari penderitaan panjang berbagai penyakit mata maupun penyakit lainnya.

Produk ini juga sangat terkenal dan banyak di gunakan di hampir seluruh negara di dunia. Di Jepang sendiri, S Lutena telah menjadi No.1 produk terlaris 4 tahun berturut-turut, yaitu: 2008, 2009, 2010, dan 2011. Khusus di Malaysia dan Hongkong produk ini masuk kategori obat. S Lutena adalah suplemen gizi yang kaya akan karotenoid (β-karotin) dengan manfaat yang sebanding dengan mengkonsumsi sayuran berwarna merah, kuning, oranye, serta sayuran berwarna hijau. Produk ini menyediakan suplemen yang tepat untuk mereka yang tidak dapat mengkonsumsi jumlah nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari karena berbagai alasan. Nilai gizi dari produk ini diakui selama jumlah spesifik nilai gizi memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM.

Tidak hanya baik untuk mata Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dll.

Mencegah Penyakit Katarak Mata

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*