Mengatasi Katarak

Mengatasi Katarak

 

Katarak adalah penyakit lensamata yang keruh atau berkabut. Lensa mata yang sehat biasanya jernih. Jika mata keruh, jalannya sinar akan terhambat dan lensa tidak dapat terfokus.Katarak umumnya timbul pada usia Lanjut akibat pengerasan lensa yang tidak terhindarkan, tanpa ada rasa nyeri maupun rasa tidak nyaman. Lebih banyak diderita pada penderita penyakit diabetes.

Mengatasi Katarak

Mengatasi Katarak

Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri. Banyak kasus mata katarak berkembang secara lambat dan tidak mengganggu pandangan mata anda pada awalnya. Tetapi ketika noda putih pada lensa mulai muncul, maka kenyamanan penglihatan anda akan terganggu. Awalnya cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu penglihatan mata anda. Mengatasi Katarak

Katarak bisa diobati sesuai dengan tahap katarak yang terjadi. Berikut ini beberapa cara mengatasi katarak :

  1. Operasi Katarak

Ketika katarak sudah menjadi sangat parah dan terus memburuk dari waktu ke waktu maka tindakan operasi katarak harus dilakukan. Tindakan operasi akan dilakukan oleh dokter spesialis mata. Operasi katarak biasanya bisa mengembalikan penglihatan hingga benar-benar pulih. Operasi dilakukan untuk menghilangkan lapisan kabut pada bagian lensa mata. Selama prosedur operasi bius akan diberikan sehingga pasien bisa merasa nyaman dan tidak akan terasa sakit sama sekali. Prosedur ini juga hanya memerlukan rawat jalan sehingga pasien tidak perlu menginap di rumah sakit. Tindakan operasi katarak juga sering dilakukan dalam kegiatan massal dan tanpa biaya.

  1. Menggunakan Kacamata

Pada awal gejala katarak biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan kacamata. Kacamata sangat berguna untuk katarak pada tahap awal karena membantu lensa mata bekerja lebih baik. Kacamata akan membantu lensa mendapatkan penglihatan yang lebih baik. Kacamata akan membantu meringankan kerja lensa mata sehingga membuat mata bisa bekerja dengan baik. Kacamata juga bisa membantu meningkatkan ukuran objek yang ditangkap oleh lensa mata. Bahkan kacamata bisa membantu lensa mata ketika menangkap cahaya yang terlalu silau. Mengatasi Katarak

  1. Makan Bawang Putih Setiap Hari

Ketika Anda sudah terkena katarak, maka Anda bisa mencegah atau mengatasi katarak agar tidak menjadi lebih buruk. Mengkonsumsi bawang putih setiap hari bisa menjadi langkah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun pengobatan ini tidak bisa bekerja jika katarak sudah menjadi sangat parah. Bawang putih mengandung sulfur dan glukosinates yang bisa menjadi bahan antioksidan dan melawan radikal bebas. Radikal bebas sering menyerang bagian makula dan lensa mata yang menyebabkan katarak.

  1. Minum Jus Lemon dan Minyak Zaitun

Jus lemon termasuk jenis jus yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jus lemon mengandung vitamin C dan vitamin A yang akan menjaga makula mata. Anda bisa minum segelas jus lemon setiap hari. Jika perlu tambahkan satu sendok teh minyak zaitun. Jus lemon dan minyak zaitun mengandung bahan antioksidan yang akan menjaga agar katarak tidak memburuk. Mengatasi katarak dengan cara ini memang tidak bisa dilakukan jika katarak sudah parah dan harus dilakukan tindakan operasi bedah katarak.

  1. Minum Susu Almond

Susu almond memang salah satu jenis susu yang sangat terkenal saat ini. Minuman ini menjadi kebutuhan nutrisi diet yang sangat sempurna. Susu yang terbuat alami dari kacang almond ini mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mata. Susu almond mengandung vitamin A, vitamin E dan bahan mineral seperti magnesium dan fosfor. Konsumsi susu almond akan meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam tubuh. Beberapa orang mengatakan jika meneteskan susu almond ke mata bisa membantu mengatasi katarak lebih cepat. Namun cara ini sering menyebabkan iritasi sehingga lebih jarang digunakan. Pertimbangkan untuk meminum susu almond saja.

  1. Minum Segelas Teh Hijau

Teh hijau bisa mengatasi berbagai keluhan dengan kesehatan mata termasuk mengatasi katarak. Teh hijau mengandung bahan yang penuh dengan sumber antioksidan. Katekin dan polifenol yang akan meningkatkan kesehatan mata. Teh hijau akan menghilangkan kabut yang bisa membantu mengatasi katarak. Karena itu bahan-bahan antioksidan ini penting untuk menyerang radikal bebas dalam mata yang menyebabkan katarak.

  1. Minum Jus Bilberry

Bilberry termasuk buah yang kaya dengan kandungan bahan antioksidan. Bilberry mengandung bahan antosianin yang bisa mencegah kerusakan pada bagian lensa dan retina mata. Karena itu jus buah bilberry penting untuk menjaga agar kesehatan mata lebih baik, termasuk untuk mengatasi katarak. Penyebab katarak karena kerusakan oksidasi yang menyerang bagian makula mata. Anda bisa minum jus bilberry tanpa tambahan gula atau zat pemanis lain. Namun lebih disarankan untuk minum jus alami yang tidak melewati proses kimia dan menyebabkan kerusakan nutrisinya.

  1. Makan Pepaya

Buah pepaya juga penting untuk menjaga agar katarak tidak menjadi lebih buruk dan menjadi cara mengatasi katarak secara alami. Pepaya bisa mencegah penumpukan protein dalam mata yang bisa menyebabkan katarak. Pepaya akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena biasanya penderita katarak tidak bisa melakukan sintesa protein dengan baik. Protein yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan kabut dalam makula dan menyebabkan katarak yang lebih buruk. Makan pepaya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti untuk bagian pencernaan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi katarak. Jaga selalu kebersihan dan kesahan mata Anda dan terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Sekian artikel mengenai cara untuk mengatasi katarak, semoga artikel mengenai cara untuk mengatasi katarak diatas dapat bermafaat. Mengatasi Katarak

Mengatasi Katarak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*