Mengobati Katarak Secara Alami

Mengobati Katarak Secara Alami

 

Mengobati Katarak Secara Alami, Penyakit katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri. Banyak kasus mata katarak berkembang secara lambat dan tidak mengganggu pandangan mata anda pada awalnya. Tetapi ketika noda putih pada lensa mulai muncul, maka kenyamanan penglihatan anda akan terganggu. Awalnya cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu penglihatan mata anda. Tetapi jika hal ini sangat mengganggu keseharian anda, maka operasi merupakan prosedur yang anda butuhkan.

Mengobati Katarak Secara Alami

Mengobati Katarak Secara Alami

Penyakit katarak masih bisa dicegah dengan mengetahui gejala penyakit katarak. Penyakit katarak gejalanya ditandai dengan pandangan mata kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap. Noda putih yang semakin berkembang akan mengalami pandangan mata menjadi kabur, objek terhadap suatu benda menjadi sulit di kenali bahkan tak dapat membedakan warna cahaya.

Gejala penyakit katarak lainnya dapat ditandai dengan sulit melihat pada malam hari. Penderita penyakit mata apapun akan merasa kesulitan ketika melihat suatu objek atau cahaya pada malam hari, hal ini di karenakan lensa mata akan membaca kefokusan objek yang diterima oleh lensa. Selain itu penderita penyakit katarak akan lebih sensitif terhadap cahaya. Penderita katarak mata akan merasa sensitif pada intensitas cahaya yang diterima oleh lensa mata, mata menjadi sensitif karena ketidakmampuan retina menerima cahaya dan lensa mata tidak dapat memfokuskan cahaya untuk dikirim ke retina.

Mengobati Katarak Secara Alami

Penyakit mata katarak banyak terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia. Hal ini berkaitan dengan faktor penyebab katarak, yakni sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Penyebab lainnya adalah kekurangan gizi yang dapat mempercepat proses berkembangnya penyakit mata katarak. Lalu bagaimana cara mengobati katarak secara alami ?

Berikut ini adalah cara mengobati katarak secara alami yang dapat Anda aplikasikan dirumah, antara lain :

  1. Wortel

Mengobati katarak secara alami dengan wortel. Selain sebagai bahan sayuran dan jus, ternyata wortel juga dapat mengatasi penyakit katarak. Dengan rutin mengkonsumsi wortel setiap harinya di percaya mampu mengobati katarak secara alami serta penyakit mata lainnya seperti mata minus.

  1. Labu

Mengobati katarak secara alami dengan labu. Labu merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai sayuran, jus segar dan juga bahan utama pembuat kue. Selain itu ternyata labu dapat dijadikan sebagai obat alami katarak. Caranya kita dapat menjadikan bunga dari labu sebagai ekstrak atau membuatnya sebagai jus. Terapkan jus ini pada kelopak mata, sebanyak dua kali sehari selama 15 menit.

  1. Madu Murni

Madu murni sering dijadikan sebagai obat alami katarak untuk mengatasi masalah katarak pada mata. Dengan menggunakan beberapa tetes madu ke mata, akan bertindak positif dalam mengobati katarak secara alami.

  1. Almond Dan Merica

Sebuah obat rumah yang dapat dijadikan sebagai obat alami katarak adalah almond dan merica. Dengan menghaluskan almond dan merica sebanyak 7 buah kemudian merica 1/2 gram lalu dilarutkan dalam air biasa dipercaya mampu mengobati katarak secara alami.

  1. Kapulaga

Mengobati katarak secara alami dengan kapulaga. Amomum compactum atau yang sering kita sebut dengan kapulaga merupakan obat alami katarak yang selanjutnya. Dengan cara menghaluskan 2 buah kapulaga lalu menuangkannya dalam segelas susu, kemudian rebuas campuran tersebut hingga mendidih. Jika sudah mendidih biarkan hingga ramuan tersebut menjadi panas suam-suam kuku. Dengan rutin meminum ramuan tersebut setiap malam, dipercaya akan memberi manfaat untuk mengilangkan katarak pada mata.

  1. Kitolod

Mengobati katarak secara alami dengan kitolod. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Isotoma Longiflora atau Laurentia Longiflora yang memiliki kandungan senyawa alkaloid yaitu lobelin, lobelamin serta isotomin. Daunnya memiliki kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, serta polifenol. Getah tanaman memiliki kandungan racun, namun sisi tanaman lain mempunyai dampak antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menyingkirkan nyeri serta menghentikan pendarahan. Cara membuat ramuan obat katarak dari tanaman ki tolod sebenarnya cukup mudah dan anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Cukup ambil bunga ki tolod yang masih segar, kemudian masukkan kedalam segelas air putih, gelas ditutup serta didiamkan selama 5 menit lantas dipakai untuk merambang atau merendam mata. Lakukanlah secara rutin, setiap hari hingga keadaan dan kondisi penyakit katarak yang diderita membaik. Tak hanya bunganya, di sebagian tempat juga dipakai sebagian daun kitolod yang sudah dipotong pucuknya, kemudian di celupkan didalam segelas air bersih serta dipakai untuk menetesi mata. Mata dapat merasa amat pedih, tetesi terus hingga rasa pedihnya menyusut serta hilang.

Perlu diingat, tanaman kitolod yang akan digunakan untuk mengobati katarak secara alami harus benar-benar dicuci bersih, jangan sampai ada tanah atau kotoran yang masih tersisa, karena ini langsung diaplikasikan untuk pengobatan mata. Jika tidak dibersilhkan lebih dulu, maka mata akan terkena kotoran dan makin terinfeksi. Dianjurkan untuk menggunakan daun atau bunga kitolod yang dibudidayakan, atau tidak mengunakan tanaman ki tolod yang datang dari area yang kotor yang selanjutnya justru dapat memperparah penyakit katarak mata kita, mengobati katarak secara alami.

Mengobati Katarak Secara Alami

This entry was posted in Pengobatan Katarak. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*