Obat Katarak Tradisional

Obat Katarak Tradisional

 

Obat Katarak Tradisional

Obat Katarak Tradisional

Katarak adalah kondisi yang paling sering dialami oleh orang lanjut usia. Katarak bisa menyebabkan kebutaan dan cacat penglihatan secara permanen. Penyakit ini akan menyebabkan lensa mata mengalami kekeruhan. Lensa mata yang terletak di bagian belakang iris dan pupil mata memang memiliki fungsi yang sangat penting. Jika lensa mata Anda mengalami kekeruhan maka pandangan mata memang tidak bisa terpantul dengan baik. Penyakit ini paling sering menyerang orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Ketika awal katarak terjadi maka lensa mata hanya terpengaruh sedikit dan biasanya tidak dirasakan oleh penderita. Lukisan seperti kaca, terang dan bercahaya menjadi gejala katarak yang paling sering. Ketika melihat cahaya maka mata akan menerima sinar yang terlihat lebih terang dari cahaya itu sendiri. Katarak bisa diobati sesuai dengan tahap katarak yang terjadi.

Obat Katarak Tradisional Tanpa Efek Samping

Untuk mengobati katarak selain dapat disembuhkan melalui bantuan medis, juga bisa dengan menggunakan obat-obatan alami. Nah, obat yang paling populer dan efisien untuk katarak adalah dengan beberapa pengobatan rumah. Berikut beberapa obat katarak tradisional yang dapat Anda aplikasikan di rumah, antara lain :

  • Ekstrak Bilberry

Obat katarak tradisional dengan menggunakan ekstrak bilberry. Ini adalah sebuah ramuan kuat yang tinggi akan flavonoid, tanin, dan anthocyanidins yang bekerja sama melawan infeksi, memeperkuat darah serta otot. Kemudian membantu lensa mata anda agar mampu beradaptasi dengan perubahan cahaya.

  • Teh Hijau

Teh hijau merupakan  obat katarak tradisional. Anda disarankan untuk mengkonsumsi satu cangkir teh hijau setiap pagi. Dengan manfaat kesehatan yang terkandung di dalam teh hijau, tentu saja anda akan tercegah dari beragam radikal bebas. Teh hijau merupakan makanan dengan antioksidan yang sangat tinggi dan diyakini mampu meremajakan sel serta membantu penglihatan yang sangat kuat.

  • Pepaya

Buah pepaya juga penting untuk menjaga agar katarak tidak menjadi lebih buruk dan menjadi cara mengobati katarak secara alami. Pepaya bisa mencegah penumpukan protein dalam mata yang bisa menyebabkan katarak. Pepaya akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena biasanya penderita katarak tidak bisa melakukan sintesa protein dengan baik. Protein yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan kabut dalam makula dan menyebabkan katarak yang lebih buruk. Makan pepaya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti untuk bagian pencernaan.

  • Wortel

Wortel adalah obat katarak tradisional. Wortel dengan nama ilmiahnya Daucus carota merupakan tanaman yang multi fungsi. Selain sebagai bahan sayuran, juga bisa dijadikan jus. Dengan Rutin mengkonsumsi wortel setiap harinya, dipercaya mampu mengatasi katarak serta beberapa jenis gangguan mata lainnya.

  • Labu

Labu adalah obat  katarak tradisional alami. Labu merupakan tanaman yang sering dijadikan sayuran, minuman jus yang menyegarkan dan juga sebagai bahan utama dalam pembuatan kue. Untuk penyakit katarak, kita dapat mengekstrak atau membuat jus dari bunga labu. Terapkan jus ini pada kelopak mata, sebanyak dua kali sehari selama lima belas menit.

  • Madu Murni

Madu murni adalah obat katarak tradisional alami. Madu murni sering digunakan untuk megatasi masalah katarak. Dengan menerapkan beberapa tetes madu ke mata, akan bertindak positif dalam menyembuhkan katarak anda.

  • Adas Manis

Beberapa orang percaya bahwa Adas manis juga membantu dalam mengobati katarak dan dapat dijadikan sebagai obat katarak tradisional. Cukup dengan mengkonsumsi 6 gram adas manis setiap pagi dan pada malam hari secara rutin. Untuk hasil yang lebih baik, kita bisa mencampurnya dengan bubuk ketumbar dengan jumlah atau proporsi yang sama dengan Adas manis.

  • Almond dan Merica

Sebuah obat rumah yang efektif untuk katarak akan terdiri dari almond dan merica. Dengan menghaluskan Almond sebanyak 7 buah lalu dengan merica½ gram lalu dilarutkan dalam air biasa, dipercaya mampu mengatasi penyakit katarak. Almond dan merica dapat dijadikan sebagai obat katarak tradisional.

  • Kapulaga (Elettaria cardamomum)

Kapulaga dapat dijadikan sebagai obat katarak tradisional. Kapulaga dengan nama ilmiah Amomum compactum  merupakan tanaman herbal yang dapat mengatasi masalah katarak. Kombinasi kapulaga dan susu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Caranya adalah dengan menghaluskan 2 buah kapulaga lalu menuangkannya dalam segelas susu. Rebus ramuan tersebut hingga mendidih lalu biarkan hingga menjadi suam-suam kuku. Dengan rutin meminum ramuan diatas setiap malamnya, akan memberi manfaat untuk menghilangkan katarak pada mata anda.

Obat Katarak Tradisional

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*