Operasi Katarak Aman

Operasi Katarak Aman

 

Operasi Katarak Aman, Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata operasi? Apakah prosedur yang mengerikan dengan beragam alat bedah dan disertai dengan kucuran darah? Atau, Anda melihatnya dari sisi ekonomis berupa biaya yang cukup mahal ?

Operasi Katarak Aman

Operasi Katarak Aman

Tindakan medis yang satu ini memang sering dihindari oleh kebanyakan orang, namun adakalanya operasi tak dapat dihindari oleh beberapa orang dengan masalah kesehatan yang parah seperti katarak akut.

Operasi katarak aman saat ini adalah pilihan yang mungkin banyak dipilih sebagai penyembuhan katarak. Operasi katarak aman sebenarnya merupakan prosedur sederhana dan relatif mudah dilakukan. Operasi katarak mata umumnya dilakukan oleh seorang dokter mata secara rawat jalan (bukan rawat inap), di klinik bedah atau rumah sakit, dengan menggunakan anestesi lokal (baik topikal, peribulbar, atau retrobulbar). Lebih dari 90% operasi berhasil memulihkan penglihatan secara bermakna, dengan tingkat komplikasi yang rendah. Biaya operasi katarak mata murah juga masih bisa anda dapatkan untuk saat ini. Rata-rata untuk biaya operasi katarak mata, anda hanya perlu mengeluarkan uang antara 5 hingga 6 juta rupiah.

Sebenarnya Anda tak perlu khawatir, karena yang Anda butuhkan adalah informasi yang lengkap tentang operasi mata katarak. Misalnya, bagaimana tindakan medis ini dilakukan? Apakah operasi katarak benar-benar efektif ? Adakah efek samping yang berbahaya ? Apakah operasi katarak aman ?

Inti dari tindakan operasi ini adalah menghilangkan lapisan katarak pada mata. Mengenai bagaimana operasi katarak dilakukan—dengan metode yang disebut Phacoemulsification, Anda dapat melihat uraian berikut ini :

  • Ahli bedah akan memberikan anestesi lokal (pereda nyeri dengan sensasi mati rasa pada sebagian tubuh), perlu diingat efek samping ringan atas pemberian anestesi bisa saja terjadi dan tidak begitu membahayakan.
  • Setelah itu, ahli bedah akan membuat sebuah lubang atau celah kecil pada sisi kornea mata dengan menggunakan laser—tujuannya mempercepat proses pemulihan dan mendapatkan bentuk potongan yang sesuai.
  • Lalu, sebuah alat dengan kemampuan Ultrasound dimasukan ke dalam celah mata guna menghancurkan lapisan katarak pada mata.
  • Kemudian, lapisan katarak yang sudah hancur akan dihisap dengan sebuah alat untuk membersihkannya.
  • Tahap selanjutnya adalah pemasangan lensa buatan yang disebut intraokuler atau IOL. Prosedurnya sendiri disebut dengan ‘implantasi lensa intraokuler’—hanya saja tidak semua orang dapat menerapkannya khususnya jika mereka memiliki gangguan mata lainnya, maka perlu konsultasi dokter sebelumnya.
  • Jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk pemasangan lensa buatan, dokter biasanya menyarankan Anda untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak, setelah operasi dilakukan untuk memperbaiki penglihatan Anda.
  • Setidaknya Anda membutuhkan waktu selama 8 minggu untuk pemulihan setelah operasi dan dibutuhkan penyesuaian selama beberapa waktu hingga penglihatan berfungsi maksimal.

Menurut catatan dari salah satu situs web mengatakan bahwa hampir 98% tindakan operasi katarak aman berhasil dilakukan tanpa komplikasi yang serius. Hanya saja Anda perlu mewaspadai terjadinya infeksi dan perdarahan. Jika kedua mata Anda terkena katarak, operasi tersebut tidak dapat dilakukan sekaligus. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 bulan setelah operasi pertama dilakukan.

Kelebihan Operasi Katarak Aman

Operasi katarak sebenarnya merupakan prosedur sederhana dan relatif mudah dilakukan. Namun, seperti operasi lain, prosedur ini juga memiliki beberapa efek samping. Namun meski begitu banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan operasi katarak aman sebagai pengobatan katarak. Lalu apa kelebihan dari operasi katarak aman ? Berikut adalah kelebihan operasi katarak aman yang perlu Anda ketahui :

  1. Penglihatan Lebih Baik

Peningkatan kondisi penglihatan signifikan setelah operasi. Operasi ini sangat sederhana dan melibatkan penghilangan lapisan keruh dari lensa dan menggantinya dengan lensa lain yang lebih jelas. Operasi ini hanya membutuhkan waktu antara setengah jam sampai empat puluh lima menit dengan penggunaan anestesi lokal di sekitar mata.

  1. Risiko Rendah

Risiko yang terlibat dalam operasi katarak kurang dari 10%. Prosedur yang sederhana membuat risiko menjadi rendah. Operasi juga harus dilakukan oleh orang yang ahli sehingga semakin memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi.

  1. Rawat Inap Singkat

Operasi katarak membutuhkan waktu perawatan singkat sebelum pasien diperbolehkan meninggalkan rumah sakit. Jika operasi dilakukan pada pagi hari, pasien umumnya sudah diperbolehkan pulang pada sore atau malam hari, operasi katarak aman.

  1. Waktu Pemulihan Singkat

Tidak seperti operasi besar, waktu pemulihan untuk operasi katarak aman juga sangat singkat. Pasien sudah bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal dalam jangka waktu 2 atau 3 minggu setelah opeasi. Pastikan mematuhi rekomendasi dokter dan meminum obat-obatan yang diberikan untuk mempercepat pemulihan.

  1. Mengatasi Secara Tuntas

Setelah menjalani operasi katarak aman, penglihatan pasien bisa kembali normal sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kesulitan. Itu sebabnya, operasi katarak dianggap sebagai solusi tuntas bagi masalah ini, operasi katarak aman.

Operasi Katarak Aman

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*