Operasi Katarak Laser, Amankah ?

Operasi Katarak Laser, Amankah ?

 

Operasi Katarak Laser — Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Operasi Katarak Laser, Amankah ?

Operasi Katarak Laser, Amankah ?

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut. Jadi katarak adalah penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

Penderita mata katarak di indonesia semakin tinggi saja setiap tahunya dan cara untuk menyembuhkanya pun sangatlah banyak juga, salah satunya adalah dengan menggunakan operasi mata katarak dengan laser. Banyak orang bertanya – tanya apakah operasi mata katarak dengan sinar laser aman dan tidak menimbulkan efeksamping buruk ? ingin tahu tentang jawabanya ? simak artikel ini sampai selesai yaa…

Kini semakin maju saja dunia medis sampai – sampai sekarang telah ada operasi mata katarak dengan menggunakan alat laser, apakah operasi katarak pake laser di indonesia sudah ada ? apakah operasi mata katarak dengan laser aman untuk dilakukan ?

Di Indonesia operasi mata katarak dan operasi mata lainya dengan menggunakan laser di indonesia baru hanya beberapa saja dan adanyapun berada di rumah sakit ternama dan berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Jogja. Sepertinya rumah sakit yang berada di kota tersebut sudah memiliki alat canggih operasi dengan laser. Untuk daerah Sumatera, Kalimantan, NTT, sepertinya belum anda alat operasi mata dengan menggunakan laser ini.

Keuntungan Memilih Operasi Katarak Dengan Laser

Keuntungan dari memilih operasi katarak dengan laser banyak sekali, antara lain :

  1. Penglihatan lebih baik

Keuntungan paling penting operasi katarak adalah peningkatan kondisi penglihatan signifikan setelah operasi. Operasi mata ini sangat sederhana dan melibatkan penghilangan lapisan keruh dari lensa dan menggantinya dengan lensa lain yang lebih jelas. Operasi mata ini hanya membutuhkan waktu antara setengah jam sampai empat puluh lima menit dengan penggunaan anestesi lokal di sekitar mata.

  1. Risiko rendah

Risiko yang terlibat dalam operasi katarak kurang dari 10%. Prosedur yang sederhana membuat risiko menjadi rendah. Operasi juga harus dilakukan oleh orang yang ahli sehingga semakin memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi.

  1. Rawat inap singkat

Operasi katarak membutuhkan waktu perawatan singkat sebelum pasien diperbolehkan meninggalkan rumah sakit. Jika operasi dilakukan pada pagi hari, pasien umumnya sudah diperbolehkan pulang pada sore atau malam hari.

  1. Waktu pemulihan singkat

Tidak seperti operasi besar, waktu pemulihan untuk operasi katarak juga sangat singkat. Pasien sudah bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal dalam jangka waktu 2 atau 3 minggu setelah operasi. Pastikan mematuhi rekomendasi dokter dan meminum obat-obatan yang diberikan untuk mempercepat pemulihan.

  1. Mengatasi secara tuntas

Setelah menjalani operasi katarak, penglihatan pasien bisa kembali normal sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kesulitan. Itu sebab, operasi katarak dianggap sebagai solusi tuntas bagi masalah ini.

Resiko Melakukan Operasi Katarak Dengan Laser

Dalam dunia medis selalu memiliki resiko mau itu sendang operasi biasa atau menggunakan operasi laser yang modern, berikut beberapa resiko yang bisa ditimbulkan oleh :

  • Mata Mudah Menjadi Kering

Melakukan operasi mata katarak atau mata apapun akan menimbulkan resiko mata sering kering, karena disebabkan oleh terangnya dan panas sinar laser yang bisa mengurangi cairan cairan yang didalam bola mata, serta mampu mengeruskan beberapa syaraf mata yang tak sengaja terkena oleh laser operasi mata.

  • Gangguan Penglihatan Menjadi Terganggu

Jika pasien yang sudah melakukan operasi mata katarak atau mata lainya akan mengalami gangguan penglihatan pada malam hari, gangguan penglihatanya yaitu adalah muncul suatu bintik bintik putih saat melihat suatu objek.

  • Mudahnya Terjadi Kebutaan

Biasanya orang sudah melakukan operai mata dengan laser, lebih mudah beresiko terjadi kebutaan total.

  • Bulu Mata Tumbuh Di Tempat Tak Seharusnya

Sosoran dari laser operasi mata bisa mengakibatkan terjadi kerusakan pada sisi dalam kelopak mata. Sebagai akibatnya, bulu mata bisa tumbuh ke dalam bola mata. Dan gara – gara kondisi tersebut, anda bisa menjalani prosedur operasi lainya.

Menurut catatan dari salah satu situs web mengatakan bahwa hampir 98% tindakan operasi katarak laser berhasil dilakukan tanpa komplikasi yang serius. Hanya saja Anda perlu mewaspadai terjadinya infeksi dan perdarahan. Jika kedua mata Anda terkena katarak, operasi tersebut tidak dapat dilakukan sekaligus. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 bulan setelah operasi pertama dilakukan. Semoga bermanfaat ^^

Operasi Katarak Laser, Amankah ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*