OPERASI KATARAK LASER

OPERASI KATARAK LASER

 

Operasi Katarak Laser

Operasi Katarak Laser

OPERASI KATARAK LASER – Mata kita tidak hanya merupakan indra penglihatan tetapi juga dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. kesehatan mata adalah aspek yang penting dalam kehidupan, karena faktanya 83% informasi masuk melalui mata. Dengan kesehatan mata yang baik kita dapat bekerja, membaca dan menikmati berbagai keindahan alam. Namun apa yang akan terjadi bila penglihatan kita terganggu akibat KATARAK.

Katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

GEJALA KATARAK

Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Tanda dan gejala katarak antara lain:

  • Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.
  • Sulit melihat pada malam hari
  • Sensitif pada cahaya
  • Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar
  • Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas
  • Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut
  • Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat
  • Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata

 

OPERASI KATARAK LASER

Operasi katarak laser adalah pengangkatan lensa mata yang telah mengembangkan kekeruhan, yang disebut sebagai katarak. Perubahan metabolik pada serat lensa dari waktu ke waktu menyebabkan pengurangan transparansi lensa. Setelah operasi pengangkatan lensa, implan lensa intraokuler buatan dimasukkan.

 

Operasi katarak laser Femtosecond menawarkan peningkatan akurasi dan prediksi melebihi operasi katarak saat ini dengan fakoemulsifikasi (menggunakan teknologi ultrasonik) dengan potensi membuat prosedur bahkan lebih aman dengan hasil penglihatan yang disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan pasien. Operasi katarak Laser femtosecond memancarkan denyutan optik dalam durasi yang sangat singkat dalam hitungan femtoseconds, yaitu satu per seribu-triliun detik (10-15 detik). Dengan denyutan ultra-pendek ini, irisan dapat dilakukan dengan lebih tepat dan praktis tanpa menimbulkan panas. Jadi laser femtosecond adalah laser untuk pembedahan sangat akurat yang dapat digunakan dalam pembedahan mikro mata dengan presisi tinggi.

 

Kelebihan Dan Manfaat Operasi Katarak Laser Femtosecond

Berikut ini adalah kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan dari opersi katarak laser, antara lain sebagai berikut :

  • Operasi Katarak Laser – Tingkat realibilitas dan keamanan yang lebih baik – mengurangi resiko komplikasi dalam operasi, terutama pada katarak yang lebih kompleks.
  • Sistem laser memungkinkan posisi dan sentrasi lensa intraokular yang sangat akurat, mengurangi aberasi optik dan kelainan refraksi.
  • Operasi dapat diprediksi lebih baik dengan menggunakan laser untuk melakukan beberapa langkah manual dalam operasi.
  • Interface kecil yang melengkung pada laser mencegah penekanan pada kornea dan sensor tekanan mendeteksi tekanan yang berlebihan pada mata untuk mencegah “black out” saat prosedur aplikasi laser
  • Fungsi pengimejan OCT “real time” dari platform laser melacak perkembangan prosedur dan memberikan “real time feedback” imej mata kepada dokter selama seluruh proses operasi memberikan tingkat keamanan tambahan untuk pasien.
  • Frakmentasi lensa dengan laser mengurangi tenaga ultrasonik yang dibutuhkan selama proses fakoemulsifikasi, mengurangi resiko komplikasi kapsul dan cedera kornea.
  • Sistem laser mengurangi tenaga fakoemulsifikasi yang dibutuhkan sebanyak 43% dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk fakoemulsifikasi sebesar 51% .
  • Potensi untuk mengurangi resiko kapsul robek dan komplikasi dalm operasi katarak kerana kapsul yang lebih kuat.

Itulah sekilas informasi menganai operasi katarak laser. Sekian artikel mengenai operasi katarak laser. Semoga artikel mengenai operasi katarak laser diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

OPERASI KATARAK LASER

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*