OPERASI KATARAK MATA

OPERASI KATARAK MATA

OPERASI KATARAK MATA- Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

operasi katarak

Operasi Katarak

Sebuah katarak senilis, yang terjadi pada usia lanjut, pertama kali akan terjadi keburaman dalam lensa, kemudian pembengkakan lensa dan penyusutan akhir dengan kehilangan transparasi seluruhnya. Selain itu, seiring waktu lapisan luar katarak akan mencair dan membentuk cairan putih susu, yang dapat menyebabkan peradangan berat jika pecah kapsul lensa dan terjadi kebocoran. Bila tidak dioperasi, katarak dapat menyebabkan glaukoma.
Penyakit katarak memberikan beragam masalah terhadap penglihatan kita. Mungkin saja, pada awalnya kita tidak merasakan hal tersebut, namun lama-kelamaan penyakit katarak bisa hadir dengan gangguan yang lebih kompleks dan benar-benar menganggu pandangan. Beberapa proses mengenai katarak yang mempengaruhi penglihatan adalah sebagai berikut.
Gumpalan protein mengurangi ketajaman gambar saat mencapai retina. Lensa sebagian besar terdiri dari air dan protein. Ketika protein menggumpal dan mempengaruhi lensa, maka cahaya yang mencapai retina akan berkurang. Kekeruhan dapat menjadi cukup parah sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Bila dibiarkan, maka tingkat kekeruhan tersebut akan semakin tinggi apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Bila katarak kecil, kekeruhan hanya mempengaruhi sebagian kecil dari lensa. Anda mungkin tidak melihat adanya perubahan dalam penglihatan Anda. Katarak cenderung tumbuh lambat, sehingga penglihatan semakin memburuk secara bertahap. Seiring berjalannya waktu, maka area mata yang terkena katarak akan menjadi lebih besar dan katarak terus meningkat ukurannya. Penglihatan anda tentu saja akan kusam dan menjadi blurr. Lensa mata akan terus berwarna kekuningan atau kecoklatan. Sehingga menambah suram penglihatan yang anda miliki.
Penyakit katarak merupakan penyakit yang biasanya hadir dalam usia 40 tahunan dimana kualitas penglihatan seseorang semakin menurun. Tetapi, pada usia tersebut seseorang tidak akan terlalu terpengaruh apabila katarak menyerang. Gangguan penglihatan yang mereka miliki masih bisa ditoleransi dengan baik. Penglihatan yang buruk mulai datang pada usia 60 tahunan dimana katarak semakin parah dan tentu saja harus dilakukan operasi katarak.

Operasi katarak mata umumnya dilakukan oleh seorang dokter mata secara rawat jalan (bukan rawat inap), di klinik bedah atau rumah sakit, dengan menggunakan anestesi lokal (baik topikal, peribulbar, atau retrobulbar). Lebih dari 90% operasi berhasil memulihkan penglihatan secara bermakna, dengan tingkat komplikasi yang rendah.
Biaya operasi katarak mata murah juga masih bisa anda dapatkan untuk saat ini. Rata-rata untuk biaya operasi katarak mata, anda hanya perlu mengeluarkan uang antara 5 hingga 6 juta rupiah.
Itulah sekilas informasin mengenai operasi katarak mata. Terimakasih telah membaca artikel mengenai operasi katarak mata. Semoga informasi operasi katarak mata diatas dapat bermanfaat untuk anda.

OPERASI KATARAK MATA

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>