Operasi Katarak Menggunakan Laser

Operasi Katarak Menggunakan Laser

 

Operasi Katarak Menggunakan Laser – Intensitas paparan sinar ultraviolet yang banyak menyebabkan penduduk Asia berpotensi mengalami katarak. Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut. Jadi katarak adalah penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

Penderita mata katarak di indonesia semakin tinggi saja setiap tahunya dan cara untuk menyembuhkanya pun sangatlah banyak juga, salah satunya adalah dengan menggunakan operasi mata katarak. Kini operasi katarak tak perlu lagi dengan pisau, melainkan dapat dilakukan dengan teknologi laser. Operasi mata katarak dengan laser adalah pengangkatan lensa mata yang telah mengembangkan kekeruhan, yang disebut sebagai katarak. Perubahan metabolik pada serat lensa dari waktu ke waktu menyebabkan pengurangan transparansi lensa. Setelah operasi pengangkatan lensa, implan lensa intraokuler buatan dimasukkan.

Operasi Katarak Menggunakan Laser

Operasi Katarak Menggunakan Laser

Salah satu rumah sakit mata di Jakarta memperkenalkan teknologi laser terbaru yaitu Femtosecond Cataract Surgery yang digunakan untuk pembedahan katarak. Operasi katarak dengan laser Femtosecond menawarkan peningkatan akurasi dan prediksi melebihi operasi katarak saat ini dengan fakoemulsifikasi (menggunakan teknologi ultrasonik) dengan potensi membuat prosedur bahkan lebih aman dengan hasil penglihatan yang disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan pasien. Operasi katarak dengan Laser femtosecond memancarkan denyutan optik dalam durasi yang sangat singkat dalam hitungan femtoseconds, yaitu satu per seribu-triliun detik (10-15 detik). Dengan denyutan ultra-pendek ini, irisan dapat dilakukan dengan lebih tepat dan praktis tanpa menimbulkan panas. Jadi laser femtosecond adalah laser untuk pembedahan sangat akurat yang dapat digunakan dalam pembedahan mikro mata dengan presisi tinggi.

Kelebihan dari Operasi Katarak Menggunakan Laser

Berikut ini adalah kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan dari opersi katarak menggunakan laser, antara lain sebagai berikut :

  • Tingkat realibilitas dan keamanan yang lebih baik – mengurangi resiko komplikasi dalam operasi, terutama pada katarak yang lebih kompleks.
  • Sistem laser memungkinkan posisi dan sentrasi lensa intraokular yang sangat akurat, mengurangi aberasi optik dan kelainan refraksi.
  • Operasi dapat diprediksi lebih baik dengan menggunakan laser untuk melakukan beberapa langkah manual dalam operasi.
  • Interface kecil yang melengkung pada laser mencegah penekanan pada kornea dan sensor tekanan mendeteksi tekanan yang berlebihan pada mata untuk mencegah “black out” saat prosedur aplikasi laser
  • Fungsi pengimejan OCT “real time” dari platform laser melacak perkembangan prosedur dan memberikan “real time feedback” imej mata kepada dokter selama seluruh proses operasi memberikan tingkat keamanan tambahan untuk pasien.
  • Frakmentasi lensa dengan laser mengurangi tenaga ultrasonik yang dibutuhkan selama proses fakoemulsifikasi, mengurangi resiko komplikasi kapsul dan cedera kornea.
  • Sistem laser mengurangi tenaga fakoemulsifikasi yang dibutuhkan sebanyak 43% dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk fakoemulsifikasi sebesar 51% .
  • Potensi untuk mengurangi resiko kapsul robek dan komplikasi dalm operasi katarak kerana kapsul yang lebih kuat.

Femtosecond Cataract Surgery merupakan alat laser pertama yang diakui Food and Drug Administration (FDA) untuk operasi katarak. Dengan menggunakan platform operasi 3D (tiga dimensi), alat ini memberikan visualisasi 3D, sayatan kornea (hanya 1,8 mm) dan fragmentasi lensa dapat dilakukan dalam satu langkah.

Dokter dapat memperhitungkan ukuran, bentuk, dan lokasi setiap sayatan dengan lebih tepat berkat layar sentuh intuitifnya dengan interface grafis yang mempermudah prosedur operasi mata katarak dengan laser.

Biaya Operasi Katarak Menggunakan Laser

Di tahun 2016 ini memang penderita penyakit katarak semakin meningkat sehingga banyak yang bertanya Berapa Biaya Operasi Katarak Menggunakan Laser ? Perkiraan Biaya Operasi Mata Katarak Dengan Laser adalah sekitar 16 juta  hingga 26 juta rupiah untuk satu mata. Biaya Mata Katarak Dengan Laser untuk satu mata tersebut berbeda-beda karena tiap operasi yang dilakukan pun berbeda pelayanan dan jenis paket yang digunakan.

Menurut saya jika Anda ingin melakukan operasi katarak sebaiknya pikir-pikir dulu hingga matang, terlebih mengingat Biaya Operasi Katarak yang sangat mahal dan belum lagi operasi tersebut mungkin saja memiliki kelebihan dan kelemahannya. Jika Anda memang benar-benar mau mengambil resikonya mungkin jalan operasi bisa Anda lakukan, tapi jika Anda belum siap, sebaiknya Anda mengobati mata katarak dengan cara tradisional saja. Cara tradisional terbaik paling ampuh untuk mengobati dan mengatasi permasalahan mata katarak adalah dengan mengkonsumsi produk suplemen mata Super Lutein atau S.Lutena.

S-Lutena merupakan suplemen gizi yang banyak mengandung karotenoid (β-karoten) yang manfaatnya sebanding dengan makan sayuran yang berwarna merah, kuning, oranye, dan berdaun hijau gelap. 5 karotenoid lainnya juga terdapat dalam S.Lutena.

S-Lutena sangat bagus untuk kesehatan mata secara total, termasuk dapat pengobatan untuk penyakit mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam Super Lutein sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan sel/saraf mata, dan kandungan DHA juga dapat memaksimalkan dalam mendukung lutein dan zeaxanthin dalam perbaikan gangguan kesehatan pada mata.

Tidak hanya baik untuk mata Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi, Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid/Haid Tidak Normal, Borok/Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh/Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb. Operasi Katarak Menggunakan Laser

Operasi Katarak Menggunakan Laser

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*