Operasi Katarak Metode Phaco

Operasi Katarak Metode Phaco

 

Operasi katarak metode phaco atau Phacoemulsification adalah tindakan katarak modern dengan menggunakan gelombang ultrasonik untuk menghancurkan lensa mata yang keruh akibat katarak. Lensa yang telah hancur dialiri air (irigasi) kemudian disedot (aspirasi) kemudian diganti dengan Intraocular Lens (Lensa Tanam). Kelebihan dari teknik operasi mata phaco ini adalah sayatan pada mata sangat kecil (1,8-2,2 mm) dan biasanya tidak memerlukan jahitan.

Operasi Katarak Metode Phaco

Operasi Katarak Metode Phaco

Teknik operasi katarak metode phaco dengan sayatan kecil ini hanya memerlukan waktu 10 menit disertai waktu pemulihan yang lebih cepat. Apabila tidak terjadi gangguan pada kornea, retina, saraf mata atau masalah mata lainnya, tingkat keberhasilan dari operasi katarak cukup tinggi, yaitu mencapai 95%, dan kasus komplikasi saat maupun pasca operasi juga sangat jarang terjadi. Kapsul/selaput dimana lensa intra okular terpasang pada mata orang yang pernah menjalani operasi katarak dapat menjadi keruh. Untuk itu perlu terapi yag laser untuk membuka kapsul yang keruh tersebut agar penglihatan dapat kembali menjadi jelas.

Sebelum operasi katarak metode phaco dapat dilakukan, satu atau lebih sayatan dibuat di mata untuk memungkinkan pengenalan istrumen bedah. Ahli bedah kemudian menghilangkan permukaan anterior dari kapsul yang berisi lensa di dalam mata. Operasi katarak metode phaco melibatkan penggunaan mesin dengan dinamika fluida mikroprosesor yang dikendalikan. Hal ini dapat berdasarkan pada prinsip peristaltik atau sebuah pompa tipe venturi.

Teknik Operasi Katarak Metode Phaco

Probe phaco adalah sebuah handpiece ultrasonik dengan titanium atau jarum baja. Ujung jarum bergetar pada frekuensi ultrasonik untuk memahat dan mengemulsi katarak saat pompa aspirasi partikel melalui ujung. Dalam beberapa teknik, alat berupa baja halus kedua yang disebut “chopper” digunakan dari posisi sebelah kiri untuk membantu dengan memotong nukleus ke dalam potongan-potongan yang lebih kecil.

Katarak biasanya terbagi menjadi dua atau empat bagian dan masing-masing bagian akan diemulsi dan disedot keluar oleh penghisap. Emulsifikasi nukleus memudahkan dalam aspirasi partikel. Setelah menghapus semua lensa pusat nukleus yang keras dengan fakoemulsifikasi, lensa luar korteks yang lebih lembut dihapus hanya dengan dihisap. Irrigation-aspiration probe atau sistem bimanual digunakan untuk membuang area masalah selaput yang tersisa, sementara meninggalkan kapsul posterior utuh. Seperti prosedur ekstraksi katarak lainnya, implan lensa intraokular (IOL), ditempatkan ke dalam kapsul lensa yang tersisa. Sayatan harus diperbesar untuk menanamkan PMMA IOL.

Untuk menanamkan foldable IOL, sayatan tidak perlu diperbesar. Foldable IOL terbuat dari silikon atau daya akrilik yang tepat yang dilipat baik menggunakan dudukan maupun perangkat penyisipan yang disediakan bersama dengan IOL. IOL kemudian dimasukkan dan ditempatkan dalam ruang posterior dalam kantong kapsuler (in-the-bag implantation). Kadang-kadang, implantasi sulkus mungkin diperlukan karena air mata kapsul posterior atau karena dialisis zonular. Karena memerlukan sayatan yang kecil, jahitannya pun hanya diperlukan sedikit atau bahkan tidak memerlukan jahitan sama sekali, dan waktu pemulihan yang diperlukan pasien biasanya lebih sedikit jika menggunakan foldable IOL.

Kelebihan Operasi Katarak Metode Phaco

Beberapa kelebihan dari operasi katarak metode phaco dengan menggunakan teknik Phaco Emulsifikasi yaitu:

  • Sayatan sangat kecil (± 2,2 mm).
  • Proses cepat (± 15 menit).
  • Tanpa Jahitan.
  • Pasien dapat langsung pulang setelah operasi.
  • Perawatan dan pemulihan lebih cepat (± 2- 5 hari).
  • Dapat dilakukan pada semua tingkatan katarak.
  • Mengurangi rasa nyeri, ngeres dan ketidaknyamanan setelah operasi.

Operasi katarak metode phaco memerlukan beberapa persiapan agar hasilnya memuaskan. Selain pemeriksaan laboratorium sederhana, diperlukan pemeriksaan biometry untuk menentukan ukuran lensa tanam yang digunakan. Pemeriksaan biometry yang akurat memberikan prediksi kekuatan refraksi pasca operasi yang baik.

Dengan semua keunggulan operasi katarak metode phaco termasuk menyesuaikan ukuran kacamata pasca operasi, operasi katarak metode phaco juga dapat menjadi pilihan bagi pasien-pasien dengan minus tinggi atau kacamata plus untuk menurunkan atau mengurangi ukuran kacamata. Jangan ragu untuk mendiskusikan dengan dokter mata Anda, tentang pilihan tajam penglihatan yang dikehendaki sesuai aktifitas sehari-hari.

Operasi Katarak Metode Phaco

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*