Pantangan Setelah Operasi Katarak

Pantangan Setelah Operasi Katarak

 

Pantangan Setelah Operasi Katarak – Operasi katarak umumnya berjalan singkat sekitar 30 menit, dan jarang menimbulkan adanya komplikasi. Setelah melakukan operasi menghilangkan katarak ini, biasanya Anda diwajibkan untuk beristirahat selama 30 menit hingga 1 jam untuk mengurangi rasa pusing akibat anestesi.

Untuk memaksimalkan hasil operasi, ada baiknya Anda mematuhi beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah operasi. Namun, ada baiknya Anda juga mengetahui apa dan bagaimana operasi katarak dilakukan, seperti penjelasan berikut ini.

Pantangan Setelah Operasi Katarak

Pantangan Setelah Operasi Katarak

Apa itu operasi katarak ?

Katarak terjadi ketika lensa alami mata Anda menjadi lebih keruh, biasanya disebabkan oleh bertambahnya usia. Katarak menyebabkan penglihatan kabur atau fokus pada mata berubah. Jika lensa mata Anda kabur dan penglihatan Anda mulai menjadi berkabut, Anda mungkin memiliki katarak.

Sedangkan operasi katarak adalah operasi untuk menghilangkan kabut lensa pada mata yang mengalami katarak dan menggantinya dengan lensa tiruan yang jernih. Meskipun katarak umumnya berhubungan dengan usia, beberapa faktor bisa menyebabkan masalah ini muncul di usia yang lebih muda. Pantangan Setelah Operasi Katarak

Apakah setelah dilakukan operasi katarak, penderita harus merasa lega? Tidak sepenuhnya penderita bisa merasa lega, berikut ini akan dibahas hal-hal yang sebaiknya dihindari setelah dilakukannya operasi katarak, antara lain:

  1. Olahraga berat

Olahraga yang berat dapat menimbulkan tubuh menjadi tegang dan hal ini berpengaruh pada kesehatan mata anda. Pasca operasi hindari lari maraton dalam jarak yang jauh, berenang, dan juga angkat besi, anda hanya diperbolehkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi disekitar rumah. Terutama olahraga keras seperti tinju, pencak silat, karate, dan masih banyak lainnya yang memungkinkan mata terkena pukulan atau benturan yang pastinya hal ini akan sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan mata anda.

  1. Aktivitas berat

Istirahatkan tubuh anda dengan menghindari aktifitas-aktifitas yang berat seperti menggendong atau membawa barang berat, serta hindari diri untuk membungkukC

  1. Berenang

Pasca operasi hindari kebiasaan berenang atau berendam di pemandian air panas selama 2 minggu. Hal ini dikarenakan air yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan infeksi dan berpengaruh buruk pada proses pemulihan. Ditambah lagi jika berenang atau berendam di tempat umum, kita tidak pernah tahu bagaimana kebersihan dari air tempat kita berenang. Lindungi mata anda dari masuknya air bahkan saat mandi sekalipun, sekitar tiga hari pasca operasi dilakukan. Pantangan Setelah Operasi Katarak

  1. Menggosok mata

Hindari kebiasaan menggosok mata karena tangan adalah bagian tubuh yang menyimpan banyak bakteri yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi, bahkan jika tangan anda juga sudah dipastikan bersih sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini. Jika anda tidak sengaja menggosok mata dan menyebabkan mata terasa gatal, segera konsultasikan hal ini ke dokter spesialis mata. Pantangan Setelah Operasi Katarak

  1. Jangan berkontak langsung dengan hewan peliharaan

Saat bermain dengan hewan peliharaan ada kemungkinan bulu peliharaan anda rontok dan masuk ke bagian mata, maka dari itu untuk sementara istirahatkan diri anda dari bermain dengan hewan peliharaaan dalam jangka waktu dua minggu pasca operasi.

  1. Make up mata

Pasca operasi untuk sementara hindari penggunaan make up terutama dibagian sekitar mata yang diberikan tindakan operasi, hingga mata sudah terasa pulih. Mengenai sampai kapan pastinya pasien harus menghindari penggunaan make up terutama dibagian sekitar mata pasca operasi, sebaiknya dikonsultasikan kembali pada dokter ahli.

  1. Menyetir

Menyetir memaksa mata untuk terfokus pada jalanan dan ini akan menyebabkan mata menahan beban berat jadi hindarilah mengemudi sekitar 24 jam pasca operasi untuk menghindari mata bekerja terlalu keras. Disisi lain kurangi juga intensitas penggunaan gadget terutama komputer terlalu lama dan juga membaca di tempat yang gelap, aktifitas-aktifitas yang sekilas biasa ini akan membuat mata anda bekerja keras karena harus fokus pada satu titik dan memaksakan mata untuk bisa membaca buku dengan jelas di tempat yang gelap. Pantangan Setelah Operasi Katarak

  1. Tidak menggunakan pelilndung mata

Saat keluar rumah dalam jangka waktu yang lama biasakan diri untuk menggunakan pelindung mata seperti kaca mata hitam, hal ini dapat melindungi mata anda dari terpaan langsung sinar matahari dan juga debu-debu yang mudah sekali ditemui di jalan. Tidak hanya saat keluar rumah bahkan saat tidurpun biasakan untuk menggunakan pelindung mata untuk mencegah tangan mengucek mata secara tidak sadar saat tidur. Perhatikan juga posisi tidur anda dengan tidak tidur di bagian mata yang habis diberikan tindakan operasi karena hal ini dapat memberi tekanan pada mata.

  1. Margarin dan minyak sayur

Hindari makanan yang diolah menggunakan margarin dan minyak sayur dikarenakan dua bahan tersebut mengandung lemak tak jenuh ganda yang tinggi, dimana lemak tersebut sangat tidak stabil dan mudah teroksidasi dalam tubuh. Disi lain lemak jenuh dan kolesterol megandung kekuatan yang menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh makula yang memperlambat alirann darah di mata.

  1. Makanan yang mengandung gula tinggi

Makanan yang mengandung gula memiliki kandungan fruktosa yang tinggi dan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi serta kadar trigliserida. Penyakit tersebut adalah masalah bagi sistem kardiovaskular dan juga kesehatan mata.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung air berkarbonasi, natrium benzoat, asam sitrat, asam ortofosfat, aspartam, natrium siklamat, pewarna makanan dan berbagai macam aroma. Dimana ortofosfat adalah zat yang dapat mencegah penyerapan kalsium sehingga berpengaruh buruk bagi kepadatan tulang, mata, bahkan kulit. Maka dari itu hindarilah minuman bersoda seperti coca-cola, sprite, fanta, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Minuman berkafein

Kafein adalah obat perangsang yang cepat masuk ke aliran darah dan mempengaruhi otak yang dapat menyebabkan anda merasa memiliki lebih banyak energi. Disisi lain kafein juga bisa menimbulkan perasaan gelisah, cemas, dan sulit tidur. Bahkan kafein memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi bagian tubuh seperti gula darah naik atau turun dan menyebabkan penglihatan kabur. Maka dari itu pasca operasi hindarilah minuman berkafein terutama kopi. Pantangan Setelah Operasi Katarak

  1. Rokok

Perokok aktif dapat berpotensi lebih tinggi untuk terkena katarak dibandingkan dengan merek ayang bukan perokok. Bahkan peluang munculnya katarak akan terus meningkat jika penderita terus menerus merokok. Pantangan Setelah Operasi Katarak

  1. Batasi diri dari aktifitas rumah

Untuk sementara batasi diri anda dari aktifitas mengurus rumah terutama menyapu, membersihkan kaca, lemari, atau semua aktifitas yang berhubungan degan membersihkan sesuatu yang kotor dan berdebu, aktifitas ini akan memacu lebih besar peluang masuknya debu ke dalam mata terutama mata yang habis dilakukan tindakan operasi.

Itulah pantangan setelah operasi katarak yang harus dihindari oleh pasien katarak pasca operasi, untuk membantu mempercepat penyembuhan. Pasca operasi pasien boleh melakukan kegiatan sehari-hari tetapi lakukan kontrol mata secara rutin. Jangan lupa cuci tangan sebelum memberikan obat apapun untuk mata anda. Semoga bermanfaat …

Pantangan Setelah Operasi Katarak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*