Pencegahan Katarak Pada Mata

Pencegahan Katarak Pada Mata

Pencegahan Katarak Pada Mata – Katarak adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penderita katarak akan merasa seperti melihat jendela berasap. Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pasien sulit menyetir, membaca dan melakukan aktivitas rutinnya.

Pencegahan Katarak Pada Mata

Seberapa umumkah katarak?

Katarak merupakan kondisi mata yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada laki-laki dan perempuan yang berusia lanjut. Anda dapat menurunkan risiko katarak dengan mengontrol faktor risiko Anda. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Katarak dapat terjadi pada satu atau kedua mata namun tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata yang lain. Beberapa tanda dan gejala katarak adalah:

  • Pandangan kabur seperti berkabut
  • Warna di sekitar terlihat memudar
  • Rasa silau saat Anda melihat lampu mobil, matahari atau lampu. Anda juga dapat melihat lingkaran di sekeliling cahaya
  • Pandangan ganda
  • Penurunan penglihatan di malam hari
  • Sering mengganti ukuran kacamata

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala katarak yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala katarak tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Pencegahan Katarak Secara Alami

Setiap orang yang terkena katarak mungkin tidak akan berpikir jika kelak menjadi buta karena katarak. Meskipun katarak bisa disembuhkan dengan operasi namun pencegahan katarak secara alami sejak awal menjadi langkah yang sangat penting. Berikut ini adalah cara pencegahan katarak pada mata yang bisa Anda lakukan sejak awal :

  1. Melakukan Pemeriksaan Mata

Melakukan pencegahan katarak secara alami dengan  periksakan ke dokter jika mengalami gangguan pada mata. Jangan menunda apapun jika anda merasakan gejala penyakit katarak walau sangat kecil.

  1. Hindari Paparan Asap Rokok

Bahaya asap rokok juga sangat berbahaya untuk mata, salah satunya bisa meningkatkan resiko terkena katarak. Asap mengandung nikotin yang sangat berbahaya termasuk zat kimia yang akan merusak kebersihan mata. Anda bisa mencoba untuk tidak terkena asap rokok sejak masih muda.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes maka resiko katarak akan lebih besar dibandingkan orang sehat. Karena itu kemampuan tubuh untuk mengatasi gula darah yang tinggi ternyata juga sangat mempengaruhi mata. Untuk itu biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat penuh dengan vitamin A, beta karoten, antioksidan, vitamin C dan vitamin E. Batasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

  1. Lindungi Mata dari Sinar UV

Melindungi mata dari bahaya sinar UV memang sangat tepat dilakukan. Anda harus berusaha menggunakan kacamata saat bekerja atau menyetir pada siang hari. Bahaya sinar ultraviolet untuk mata, bisa mempercepat pembentukan katarak. Jika Anda tidak merasa nyaman dengan kacamata maka gunakan topi yang lebar untuk menutupi area mata.

  1. Jangan Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol juga bisa meningkatkan resiko terkena katarak. Banyak orang yang memang tidak menyadari bahwa alkohol bisa merusak mata.

  1. Konsumsi Makanan Sumber Beta Karoten

Makanan yang mengandung beta karoten ternyata tidak hanya untuk mencegah kanker. Sebab makanan ini sangat baik untuk pencegahan katarak secara alami. Beta karoten adalah vitamin yang bisa larut dalam lemak karena itu sangat disarankan untuk dikonsumsi bersamaan. Makanan yang menjadi sumber beta karoten misalnya adalah kangkung, wortel, papaya, lobak, sawi, ubi jalar dan bayam. Mulai sekarang Anda bisa mengkonsumsi makanan ini setiap hari atau sesering mungkin.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Antioksidan adalah bahan yang bisa mencegah proses stress oksidatif. Proses ini terjadi karena adanya zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan terdiri dari vitamin C. ini adalah jenis vitamin yang bisa menghalangi proses terbentuknya katarak. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 250 mg vitamin C untuk setiap hari demi pencegahan katarak. Beberapa sumber makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah seperti jambu merah, jeruk, brokoli, sayuran berdaun hijau, kiwi, papaya, dan paprika.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B2 dan B3

Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B2 dan B3 ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Makanan yang mengandung vitamin B memang bukan termasuk dalam golongan antioksidan, namun mampu melindungi lensa mata dari katarak. Orang yang kekurangan niasin dan riboflavin akan mengalai resiko katarak yang lebih besar. Beberapa jenis makanan yang mengandung riboflavin adalah seperti daging tanpa lemak, yogurt, susu, almond, kopi dan bayam. Sementara makanan yang tinggi niasin adalah seperti ikan tuna, daging ayam tanpa kulit, kalkun, ikan salmon, kacang merah, jamur dan biji bunga matahari.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Zeaxanthin dan Lutein

Salah satu jenis antioksidan yang sangat penting untuk mata adalah zeaxanthin dan lutein. Dua jenis zat antoksidan ini termasuk dalam golongan karotenoid yang banyak ditemukan pada bagian lensa mata. Bahkan karotenoid ini memiliki fungsi untuk menjaga agar lensa mata tetap selalu bersih. Semua jenis radikal bebas akan dilawan oleh zat-zat ini. Bahkan konsumsi zeaxhantin dan lutein akan membantu mata agar terlindungi dari bahaya sinar matahari. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah seperti bayam, lobak, sawi, kale, kacang hijau, selada, labu, asparagus, okra dan paprika hijau.

Itulah beberapa cara pencegahan katarak pada mata yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena katarak. Semoga artikel mengenai pencegahan katarak pada mata diatas dapat bermanfaat.

Pencegahan Katarak Pada Mata

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*