Pengertian Katarak, Gejala, dan Pencegahan

Pengertian Katarak, Gejala, dan Pencegahan

 

 

Pengertian KatarakPengertian katarak secara umum adalah pengkabutan pada bagian lensa mata sehingga menyebabkan seseorang tidak mampu melihat dengan jelas. Lensa mata seakan berwarna seperti susu dan membuat pandangan seseorang menjadi kabur dan benar-benar tidak bisa melihat layaknya normal lagi. Katarak biasanya muncul pada orang dengan usia yang sudah cukup tua dengan umur antara 40 hingga 60 tahunan dan banyak muncul terutama pada orang yang tinggal di daerah tropis.

Pengertian Katarak, Gejala, dan Pencegahan

Pengertian Katarak, Gejala, dan Pencegahan

Setelah mengetahui pengertian katarak, berikut ini adalah beberapa gejala katarak. Orang dengan katarak mungkin memiliki gejala berikut:

  • Kabur visi, berawan, atau berkabut.
  • Beberapa menggambarkannya sebagai mirip dengan melihat melalui kaca buram.
  • Visi dapat dipengaruhi oleh bintik-bintik kecil atau titik.
  • Pasien melihat bercak kecil yang mengaburkan bagian dari nya / bidangnya visi.
  • Pandangan makin besar ketika lampu redup.
  • Pandangan kadang-kadang buruk ketika cahaya sangat terang (silau).
  • Beberapa orang dengan katarak juga berkomentar bahwa warna terlihat kurang jelas dan memudar.
  • Membaca menjadi sangat sulit, dan akhirnya tidak mungkin.
  • Kacamata perlu diubah lebih sering.
  • Mengenakan kacamata menjadi kurang efektif.
  • Dalam beberapa kasus yang jarang pasien dapat melihat halo sekitar benda terang, seperti lampu mobil atau lampu jalan.
  • Penglihatan ganda pada salah satu mata (jarang).

Pencegahan Katarak

Setelah mengetahui pengertian katarak dan gejalanya, berikut ini adalah pembahasan mengenai pencegahan katarak. Ujian mata secara teratur. Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal mereka. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus memiliki pemeriksaan mata.

Berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter Anda untuk membantu berhenti merokok. Obat-obatan, konseling dan strategi lain yang tersedia untuk membantu Anda.

Pakailah kacamata hitam. Sinar ultraviolet dari matahari dapat berkontribusi terhadap perkembangan katarak. Pakailah kacamata hitam yang menghalangi ultraviolet B (UVB) sinar saat Anda berada di luar ruangan.

Menjaga berat badan yang sehat. Jika berat badan Anda saat ini adalah salah satu yang sehat, bekerja untuk mempertahankannya dengan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, bekerja untuk menurunkan berat badan perlahan-lahan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan jumlah latihan yang Anda dapatkan setiap hari.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai pengertian katarak, gejala dan bagaimana teknik pencegahan katarak.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai pengertian katarak. Semoga artikel pengertian katarak diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Katarak, Gejala, dan Pencegahan

This entry was posted in Definisi Katarak and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>