Penglihatan Kabur, Apa Penyebabnya?

Penglihatan Kabur, Apa Penyebabnya?

 

 

Penglihatan Kabur – Apakah anda mengalami penglihatan kabur dan tidak jelas lagi seperti sebelumnya? Mungkin saja itu hanya gejala mata minus biasa. Namun, anda juga perlu sangat hati-hati sebab penglihatan kabur bisa didapatkan dari katarak. Katarak mata merupakan sebuah penyakit yang amat rentan terjadi pada masyarakat di daerah tropis karena mereka terus terkena paparan sinar matahari. Katarak adalah penyakit yang mempengaruhi lensa mata sehingga bisa menjadi keruh dan tidak lagi mampu melihat dengan baik. Lensa mata berubah menjadi berwarna seperti susu dan mengaburkan pandangan mata penderita.

Penglihatan Kabur, Apa Penyebabnya?

Apa saja gejala katarak mata?

Selain diawali dengan penglihatan kabur, gejala katarak mata mempunyai beberapa hal lain yang harus anda ketahui sebagai berikut.

  • Pandangan berawan atau kabur.
  • Warna tampak memudar.
  • Silau terhadap pandangan terutama ketika sedikit saja terkena sinar matahari, dan lampu yang terang. Juga, halo atau lingkaran cahaya bisa muncul di sekitar pandangan mata.
  • Sulit untuk melihat di malam hari.
  • Mengalami penglihatan ganda.
  • Sering bergonta-ganti kacamata. Serta, pada akhirnya kacamata sudah tidak lagi menjadi solusi yang baik bagi mata yang kabur.

Bagaimana katarak terdeteksi?

Katarak terdeteksi melalui pemeriksaan mata yang komprehensif yang mencakup:

Tes ketajaman visual. Tes bagan mata mengukur seberapa baik Anda lihat pada berbagai jarak.

Pemeriksaan mata melebar. Tetes ditempatkan di mata Anda melebar, atau membesar. Profesional perawatan mata Anda menggunakan lensa pembesar khusus untuk memeriksa retina dan saraf optik dalam rangka mengetahui tanda-tanda kerusakan dan masalah mata lainnya. Setelah ujian, pandangan Anda mungkin tetap kabur selama beberapa jam.

Tonometry. Sebuah alat mengukur tekanan di dalam mata. Tetes mati rasa dapat diterapkan untuk mata Anda untuk tes ini.

Jika penglihatan kabur yang anda miliki semakin memburuk dan anda resmi terkena katarak, maka salah satu cara terbaik dalam mencegahnya adalah dengan operasi. Operasi katarak yang ada saat ini memang cukup mahal dengan satu buah mata mencapai kisaran 6 juta rupiah. Namun, semua itu perlu dilakukan dalam rangka mengembalikan kualitas penglihatan mata anda.

Penglihatan Kabur, Apa Penyebabnya?

This entry was posted in Definisi Katarak and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Penglihatan Kabur, Apa Penyebabnya?

  1. irsal says:

    di mata saya terdapat katarak dari saya lahir, apakah itu bisa diobati/operasi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*