Penyakit Katarak Dan Faktor Penyebabnya

Penyakit Katarak Dan Faktor Penyebabnya

 

Penyakit Katarak, Mata adalah jendela seseorang dalam melihat dunia. Meskipun demikian, terkadang kita tidak menyadari betapa pentingnya fungsi mata sampai ada masalah atau gangguan kesehatan pada mata.

Penyakit Katarak Dan Faktor Penyebabnya

Penyakit Katarak Dan Faktor Penyebabnya

Ada berbagai masalah yang dapat mempengaruhi kualitas penglihatan mata, dan salah satunya adalah katarak. Katarak bisa terjadi saat protein yang ada di dalam mata menghalangi pandangan. Katarak bisa berubah menjadi suatu kondisi yang serius, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab umum kebutaan. Penyakit Katarak adalah sejenis kerusakan yang terjadi pada mata yang menyebabkan lensa mata berselaput atau rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya yang masuk tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatan penyakit katarak tersebut dari sedikit sampai keburaman total dan dapat menghalangi masuknya jalan cahaya.

Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Faktor Penyebab Penyakit Katarak

Penyebab penyakit katarak belum diketahui secara pasti. Seiring dengan bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata kian berubah. Hal ini menjadikan lensa mata yang tadinya bening, berubah menjadi keruh. Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana proses penuaan dapat berujung pada perubahan protein di lensa mata.

Beberapa faktor lain yang akan mempertinggi risiko Anda terkena katarak:

  1. Usia

Usia adalah salah satu penyebab penyakit katarak. Protein lensa Anda akan semakin menurun ketika usia Anda bertambah. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga dapat menjadi penyebab mata katarak.

  1. Genetika

Genetika juga merupakan salah satu faktor penyebab mata katarak. Sebab kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata Anda.

  1. Penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit tertentu mampu mempengaruhi kesehatan lensa mata Anda seperti dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

  1. Infeksi

Faktor penyebab penyakit katarak lainnya adalah jenis infeksi tertentu seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Oleh karena itu apabila Anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

  1. Diabetes

Diabetes kerap kali dituding menjadi penyakit yang dapat menjadi penyebab mata katarak. Sebab enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

  1. Trauma mata

Trauma pada mata juga dapat menjadi penyebab mata katarak. Trauma mata dapat mengakibatkan penebalan, pembengkakan, dan munculnya warna putih pada serat lensa. Warna putih yang terbentuk tersebut pada akhirnya bisa menjadi penyebab katarak.

  1. Penggunaan obat tertentu

Ada beberapa jenis obat tertentu yang dapat mempengaruhi kondisi penglihatan mata. Obat-obatan sejenis kortikosteroid sering kali dapat menjadi penyebab mata katarak.

Pencegahan Katarak Mata

Langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan terkena katarak mata antara lain :

  • Jangan merokok
  • Makan makanan dengan gizi seimbang
  • Lindungi mata anda dari pancaran sinar matahari
  • Menjaga kesehatan tubuh secara umum
  • Rutin melakukan pemeriksaan mata
  • Diet sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, E.
  • Menggunakan kacamata hitam bila diluar ruangan untuk melindungi mata dari paparan lanngsung sinar UV
  • Tidak minum minuman beralkohol

Meskipun sebagian besar katarak mata terkait dengan usia, terdapat faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko terkena katarak. Risiko ini mencakup mereka yang merokok, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu berlebihan, pernah mengalami cedera mata atau bedah mata.

Orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat penyakit katarak dalam keluarga juga memiliki risiko perkembangan katarak yang lebih besar. Penggunaan steroid juga berkontribusi pada risiko perkembangan katarak. Dalam beberapa kasus, katarak juga muncul di saat kelahiran. Penderita mata katarak memang didominasi oleh usia lanjut. Namun dengan menjaga kesehatan secara umum, penyakit katarak mata ini bisa dihindari.

Penyakit Katarak Dan Faktor Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*