Penyakit Katarak Kenali Gejalanya

Penyakit Katarak Kenali Gejalanya

 

Penyakit katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Penyakit Katarak Kenali Gejalanya

Penyakit Katarak Kenali Gejalanya

Penyakit katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat penyakit katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Saat ini penyakit katarak menjadi penyebab kebutaan terbesar. Karna penderita tidak menyadari gejala katarak yang timbul sehingga katarak terus tumbuh dan berkembang. Agar Anda terhindar dari katarak, ada baiknya Anda mengetahui apa saja gejala katarak. Berikut adalah gejala penyakit katarak yang harus Anda ketahui, antara lain :

  1. Penglihatan Mulai Samar-Samar Dan Berkabut

Katarak membuat lensa mata anda semakin keruh. Sehingga menghalangi cahaya masuk ke mata. Maka retina juga mengalami kesulitan saat membentuk bayangan. Hal ini disebabkan karena ada penggumpalan protein yang selaras dengan bertambahnya usia. Lensa mata ketika kita berusia anak-anak berwarna bening. Lalu lama kelamaan protein mata menggumpal. Sehingga mengganggu proses penglihatan. Akhirnya bayangan yang terbentuk terselimuti kabut.

  1. Mudah Silau

Mata akan terlihat sangatsensitif dengan cahaya luar. Apalagi cahaya yang menyilaukan. Sebab sistem visual sulit untuk memilah dan mengontrol cahaya.

  1. Hanya Bisa Melihat Normal Pada Cukup Cahaya

Anda yang memiliki penyakit katarak sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk dilihat. Mata tidak mampu bekerja dengan baik jika dalam keadaan remang-remang. Sebab cahaya tersebut kurang untuk menembus keruhnya lensa. Juga tak mampu dengan cahaya yang terlalu terang. Sebab cahaya malah terlalu menyilaukanya.

  1. Objek Terlihat Ganda

Obyek yang dilihat menjadi dua atau ganda. Sebab bayangan yang dibentuk tidak sempurna. Focus menjadi kabur. Sehingga bayangan yang di bentuk diretina menjadi double.

  1. Warna Memudar

Katarak juga membuat warna obyek memudar. Sebab keruhnya lensa menjadi warna yang asli tampak lebih muda. Biasanya jika penderita terlalu lama terfokus pada warna benda, yang terlihat justru kuning. Sebab urat retina yang sudah menguning.

  1. Penglihatan Kacau Waktu Malam

Katarak menjadi sangat susah untuk membaca atau melihat obyek diwaktu malam. Sebab saat malam focus mata menjadikurang. Bukan hanya katarak, namun sebagian besar penyakit mata juga mengalami masalah saat malam hari.

  1. Merasa Melihat Lingkaran

Sinar yang didatangkan oleh sumber cahaya, hanya penderita katarak yang mampu menangkap adanya lingkaran sinar. Seperti lingkarang pada lampu mobil. Hal ini karena sinar tersebut terpantul oleh keruhan lensa.

  1. Terganggu Dengan Cahaya Gelap

Penderita penyakit katarak sangat terganggu dengan intesitas cahaya yang kurang. Mereka membutuhkan pencahayaan cukup ketika membaca sesuatu. Sebab cahaya tersebut digunakan untuk menembus keruhnya mata.

Jika Anda merasakan beberapa gejala penyakit katarak mata seperti diatas segera periksakan mata Anda kedokter agar mendapat penangan yang tepat. Untuk mencegah terjadinya penyakit katarak lakukan pola hidup yang sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayur dan mengkonsumsi suplemen kesehatan mata. Salah satu suplemen kesehatan mata yang direkomendasikan adalah S-Lutena atau Super Lutein.

Penyakit Katarak Kenali Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*