Penyakit Katarak Menyebabkan Kebutaan

Penyakit Katarak Menyebabkan Kebutaan

 

Penyakit katarak adalah kelainan mata yang terjadi akibat lensa mata yang tadinya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Akibatnya, penderita tidak bisa lagi melihat dengan jelas. Katarak menjadi penyebab utama kebutaan di Indonesia. Paparan sinar ultraviolet, gaya hidup yang tidak sehat, menjadi beberapa dari faktor risiko terjadinya katarak.

Penyakit Katarak Menyebabkan Kebutaan

Penyakit Katarak Menyebabkan Kebutaan

Penyakit katarak termasuk pada kelompok kebutaan yang kedua, yaitu yang bisa dihindari. Kebanyakan yang menjadi penyebab utamanya adalah karena katarak.Untungnya, katarak dapat dikoreksi atau direhabilitasi. Sehingga tidak berujung pada kebutaan.

Katarak terjadi akibat gangguan metabolisme dari lensa mata. Lensa mata yang mestinya jernih, karena metabolismenya terganggu, membuat warnanya menjadi keruh. Akibatnya, sinar yang masuk tidak dapat tembus karena terhalang. Gangguan metabolisme bisa terjadi karena berbagai faktor. Faktor usia (sebagai proses degenerasi dan biasanya terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun), trauma (karena benturan yang cukup keras misalnya), atau penyakit seperti diabetes. Namun faktor yang paling penting dan paling besar pengaruhnya adalah paparan sinar ultraviolet (UV).

Keluhan pada penyakit katarak ditandai denagn penurunan tajam penglihatan secara perlahan, pandangan berkabut, sampai akhirnya benar-benar buram. Kalau katarak mata masih tergolong ringan sekitar grade 1-2, biasanya bisa dikoreksi dengan kacamata. Sementara tindakan rehabilitasi dengan operasi umumnya dilakukan pada mereka yang memiliki penyakit katarak dengan grade 3-4. Walau sebenarnya penyakit katarak grade 3 biasanya masih bisa dikoreksi dengan kacamata, kebanyakan pasien sudah minta dioperasi.

Tindakan operasi dilakukan dengan mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa tanam. Menariknya, lensa tanam yang ada sekarang ini sudah demikian maju. Sehingga sudah memiliki pelindung antiUV atau blue filter protector. Jadi sebenarnya, penyakit katarak bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Tidak merokok, menyantap makanan gizi sehat-seimbang, serta melindungi mata dari paparan sinar matahari, menjadi sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya penyakit katarak.

Cara Mencegah Penyakit Katarak

Mencegah penyakit katarak mata bisa dilakukan dengan cara medis dan secara alami atau non medis. Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit katarak secara alami yang dapat Anda terapkan dirumah :

  • Periksakan ke dokter jika mengalami gangguan pada mata. Jangan menunda apapun jika anda merasakan gejala penyakit katarak walau sangat kecil.
  • Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C,A,dan E. Vitamin- vitamin tersebut telah terbukti dapat mencegah kemungkinan penyakit mata terutama katarak dan sebagai asupan gizi harian anda.
  • Menggunakan kacamata hitam di luar ketika di bawah terik matahari. Jika kita berada di luar rumah dan tepat di bawah terik matahari yang cerah, sebaiknya pakailah kacamata hitam agar menghindarkan dari radiasi sinar UV yang berasal dari radiasi matahari.
  • Minum segelas jus wortel setelah makan siang dapat membantu mencegah perkembangan gejala menjadi lebih parah. Karena jus wortel mengandung beta karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A
  • Kunyit dan jahe yang juga dapat membantu menekan perkembangan pada mata katarak. Karena kunyit dan jahe bersifat antioksidan kuat anti peradangan.
  • Meningkatkan konsumsi bayam atau sayuran dari rumput laut untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlancar aliran darah.
  • Menghindari makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak tak jenuh, gula dan jumlah tinggi sodium. Makanan yang di sarankan adalah makanan yang kaya akan magnesium seperti kerang, biji-bijian, telur dan sayuran hijau.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit katarak di atas, Anda bisa mengobati penyakit katarak dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk mata. Ada banyak suplemen mata yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen mata S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit mata dan penyakit kronis lainnya. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

S-Lutena Naturally Plus adalah suplemen yang memiliki efek terapi tinggi untuk penyakit mata dan berbagai penyakit berat lainnya. Dengan kandungan buah dan sayur + DHA yang 100% alami, produk ini telah membantu banyak orang terbebas dari penderitaan panjang berbagai penyakit mata maupun penyakit lainnya. Produk ini juga sangat terkenal dan banyak di gunakan di hampir seluruh negara di dunia. Super Lutein sangat bagus untuk kesehatan mata secara total, termasuk dapat pengobatan untuk penyakit mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam Super Lutein sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan sel/saraf mata, dan kandungan DHA juga dapat memaksimalkan dalam mendukung lutein dan zeaxanthin dalam perbaikan gangguan kesehatan pada mata.

Super Lutein Efeknya Dapat Dirasakan Dalam Hitungan Menit

  • 20 menit setelah dikonsumsi, SuperLutein akan diserap oleh sistem pencernaan.
  • 40 menit setelah dikonsumsi, SuperLutein akan diserap oleh mata.

Tidak hanya baik untuk mata Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Penyakit Katarak Menyebabkan Kebutaan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*