Penyakit Katarak Pada Anak

Penyakit Katarak Pada Anak

 

Penyakit Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika penyakit katarak terlalu tebal. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Penyakit Katarak Pada Anak

Penyakit Katarak Pada Anak

Penyakit Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada bayi dan anak-anak (katarak anak-anak), meski kemungkinannya sangat kecil. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang-orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula. Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 210.000 penderita baru yang muncul setiap tahun dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak.

Pada anak-anak ada beberapa gejala penyakit katarak :

  • Ukuran kacamata sering berubah-ubah
  • Penglihatan ganda
  • Kesulitan dalam membaca atau melihat jarak jauh
  • Lensa mata tidak jernih

Penyakit katarak pada anak yang tidak segera ditangani dapat mengakibatkan terganggunya proses belajar yang berujung pada penurunan prestasi akademik anak. Lebih jauh lagi anak dapat menarik diri dari pergaulan karena sering diejek oleh teman-temannya.

Penyebab penyakit katarak pada anak antara lain :

  • Terjadinya benturan disekitar mata
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari
  • Bawaan dari lahir
  • Reaksi terhadap obat-obatan tertentu

Bila dibiarkan tanpa penanganan maka penyakit katarak dapat berlanjut pada kebutaan. Kebutaan pada katarak kongenital dapat dicegah dengan cara deteksi dini pada bayi dan anak-anak serta operasi katarak sedini mungkin.

Mendeteksi penyakit katarak di usia anak-anak sangatlah penting untuk mencegah terjadinya ambliopia pada mata. Ambliopia adalah ketidakmampuan retina menerima bayangan benda dari luar, sehingga bisa menghambat perkembangan retina anak-anak. Akibatnya bukan tak mungkin anak akan menderita kebutaan.

Untungnya, penyakit katarak dapat dikoreksi atau direhabilitasi sehingga tidak berujung pada kebutaan. Namun jika katarak mata sudah terdeteksi, salah satu pengobatan katarak mata yang dapat dilakukan adalah dengan mengobati dengan obat medis. Namun jika Anda ingin mengobati mata katarak dengan obat alami, itu akan lebih baik. Berikut ada beberapa pengobatan katarak mata menggunakan bahan alami yang bahkan bisa Anda temukan di dapur Anda :

  1. Jus Wortel

Sudah banyak yang tahu bahwa sayur oranye yang satu ini kaya akan vitamin A sehingga sangat baik mengobati mata, tidak terkecuali dengan penyakit katarak. Anda cukup mengonsumsi satu gelas jus wortel setiap hari dan buktikan bahwa katarak mata Anda semakin membaik.

  1. Bawang Putih

Makan bawang putih mentah-mentah akan membantu mengurangi derita katarak. Hal ini karena bawang putih mengandung bahan antioksidan, antibiotik dan sangat baik dalam menyembuhkan penyakit. Cukup makan 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk mengurangi dan menyembuhkan katarak secara perlahan.

  1. Jus Labu

Jus labu bisa juga dijadikan obat katarak mata. Kandungannya yang kaya akan vitamin A sangat baik untuk mata. Anda mungkin memerlukan blender dan banyak air untuk menjadikan labu benar-benar halus. Minum setiap satu hari sekali.

  1. Makan Bayam

Bukan hanya tubuh saja yang ternutrisi, bayam juga sangat baik untuk mata. Ini karena bayam banyak mengandung karotenoid sehingga dapat membantu penyembuhan penyakit katarak mata. Anda bisa merebus sebentar dan makan seperti biasa. Cukup dua porsi per hari akan membantu penyembuhan penyakit.

Selain dengan cara diatas, mencegah dan mengobati penyakit katarak mata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk mata. Ada banyak suplemen mata yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen mata S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit mata dan penyakit kronis lainnya. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

S-Lutena Naturally Plus adalah suplemen yang memiliki efek terapi tinggi untuk penyakit mata dan berbagai penyakit berat lainnya. Dengan kandungan buah dan sayur + DHA yang 100% alami, produk ini telah membantu banyak orang terbebas dari penderitaan panjang berbagai penyakit mata maupun penyakit lainnya. Produk ini juga sangat terkenal dan banyak di gunakan di hampir seluruh negara di dunia. Super Lutein sangat bagus untuk kesehatan mata secara total, termasuk dapat pengobatan untuk penyakit mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam Super Lutein sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan sel/saraf mata, dan kandungan DHA juga dapat memaksimalkan dalam mendukung lutein dan zeaxanthin dalam perbaikan gangguan kesehatan pada mata.

Penyakit Katarak Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*