Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

 

 

Penyebab Katarak – Apa saja penyebab katarak? Mungkin sebelum anda mengetahui penyebab katarak, ada baiknya untuk mengenal pengertian katarak mata terlebih dahulu. Katarak mata merupakan salah satu penyakit mata yang membuat pandangan seseorang kabur dan tidak lagi bisa melihat jelas seperti biasanya. Hal ini karena lensa mata yang mereka miliki seakan ditutupi oleh warna buram yang menyerupai susu.

Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

Kecerahan dan kebeningan lensa mata menjadi terus berkurang seiring berjalannya waktu dan penyakit katarak bisa menimbulkan kebutaan ketika tidak ditangani dengan cepat dan segera. Cara terbaik dalam mengurangi risiko terkena katarak tentu saja dengan mencegahnya. Karena saat ini biaya operasi katarak cenderung mahal dan ditaksir berada pada angka belasan juta rupiah. Sejatinya, apa saja penyebab katarak yang mungkin terjadi pada kita dan bagaimana cara mencegahnya? Artikel ini akan menjelaskan satu demi satu kepada anda.

Penyebab katarak

  • Katarak dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.
  • Paparan sinar matahari yang terus menerus.
  • Beberapa penyakit khusus seperti diabetes.
  • Penggunaan obat-obatan untuk penyakit tertentu.
  • Kecenderungan penglihatan yang semakin menurun akibat usia yang menua.
  • Kecelakaan pada mata.
  • Cacat bawaan sejak lahir.

Pencegahan katarak

Di bawah ini, ada beberapa pencegahan katarak yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

Melakukan uji mata secara teratur. Cara ini dilakukan untuk melakukan deteksi penyakit dan sejauh mana anda mampu melihat dengan baik. Ketika ada pandangan yang kabur, maka bisa saja anda terkena katarak serta harus segera diperiksa.

Makan makanan yang sehat. Sangat diperlukan bagi seorang yang tinggal di daerah tropis untuk terus mengkonsumsi makanan dengan beta karoten tinggi setiap hari. Makanan yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin C sangatlah penting dalam rangka menyehatkan mata anda.

Gunakan kacamata hitam. Ketika anda sedang berpergian di teriknya matahari, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam berfungsi melindungi paparan mata dari sinar matahari yang menjadi salah satu penyebab katarak.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui dari penyebab katarak, pencegahan katarak, dan pengertian katarak itu sendiri.

Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

This entry was posted in Definisi Katarak and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>