PENYEBAB KATARAK PADA MATA

PENYEBAB KATARAK PADA MATA

 

PENYEBAB KATARAK – Mata adalah jendela seseorang dalam melihat dunia. Meskipun demikian, terkadang kita tidak menyadari betapa pentingnya fungsi mata sampai ada masalah atau gangguan kesehatan pada mata.

 

Ada berbagai masalah yang dapat mempengaruhi kualitas penglihatan mata, dan salah satunya adalah katarak. Katarak bisa terjadi saat protein yang ada di dalam mata menghalangi pandangan. Katarak bisa berubah menjadi suatu kondisi yang serius, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab umum kebutaan. Katarak adalah sejenis kerusakan yang terjadi pada mata yang menyebabkan lensa mata berselaput atau rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya yang masuk tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatan katarak tersebut dari sedikit sampai keburaman total dan dapat menghalangi masuknya jalan cahaya.

Penyebab Katarak Pada Mata

Penyebab Katarak Pada Mata

Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

 

Penyebab Katarak Pada Mata

Seiring usia, fleksibilitas mata mengalami penurunan, begitpula dengan ketebalan dan kejernihan mata. Lensa terdiri dari air dan serat protein. Dengan bertambahnya usia, komposisi mata mengalami perubahan dan struktur serat protein mengalami penurunan. Beberapa serat protein akan menggumpal dan menyebabkan noda pada lensa mata.

Ada tiga jenis katarak, diantaranya adalah :

1. Nuclear

Katarak terjadi tengah lensa. Pada tahap awal akan ada perubahan pada fokus cahaya. Untuk sementara waktu anda akan mengalami kemajuan penglihatan khususnya dalam membaca. Tetapi kemudian penglihatan akan mejadi menguning dan terbentu noda putih pada lensa. Lebih lanjut lagi daya lihat akan memburuk dengan penglihatan menjadi coklat. Pada tahap yang parah akan sulit membedakan warna karena pandangan akan menjadi biru atau ungu.

2. Cortical

Katarak ini dimulai dengan terbentuknya noda pada lapisan luar mata. Proses ini berjalan dengan lambat. Kemudian noda ini dapat menjalar ke bagian tengah lensa dan mengganggu aliran cahaya ke pusat lensa. Orang dengan katarak jenis ini akan mengalami silau ketika melihat cahaya.

3. Subcapsular

Katarak jenis ini dimulai dengan terbentuknya area buram dibawah lensa. Katarak ini biasanya terbentuk di belakang lensa yang merupakan jalan cahaya ke retina mata. Katarak ini sering mempengaruhi kemampuan baca, mengurangi kemampuan melihat dalam cahaya terang dan menyebabkan silau atau lingkaran cahaya ketika melihat sinar di malam hari.

 

Berikut adalah penyebab teratas munculnya katarak :

  1. Usia

Usia adalah salah satu penyebab katarak. Protein lensa Anda akan semakin menurun ketika usia Anda bertambah. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan katarak.

  1. Genetika

Genetika juga merupakan salah satu faktor penyebab katarak. Sebab kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata Anda.

  1. Penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit tertentu mampu mempengaruhi kesehatan lensa mata Anda sepertii dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

  1. Infeksi

Faktor penyebab katarak lainnya adalah jenis infeksi tertentu seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Oleh karena itu apabila Anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

  1. Diabetes

Diabetes kerap kali dituding menjadi penyakit yang dapat menjadi penyebab katarak. Sebab enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

  1. Trauma mata

Trauma pada m,ata juga dapat menjadi penyebab katarak mata. Trauma mata dapat mengakibatkan penebalan, pembengkakan, dan munculnya warna putih pada serat lensa. Warna putih yang terbentuk tersebut pada akhirnya bisa menjadi penyebab katarak.

  1. Penggunaan obat tertentu

Ada beberapa jenis obat tertentu yang dapat mempengaruhi kondisi penglihatan mata. Obat-obatan sejenis kortikosteroid sering kali dapat menjadi penyebab katarak.

 

Itulah beberapa penyebab katarak pada mata. Mengetahui penyebab katarak ini dapat menjadi cara untuk mencegah penyakit katarak sebelum bertambah parah. Sekian artikel mengenai penyebab katarak pada mata. Semoga artikel mengenai penyebab katarak pada mata diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

 

PENYEBAB KATARAK PADA MATA

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*