Penyebab Penyakit Katarak Pada Mata

Penyebab Penyakit Katarak Pada Mata

 

Penyebab Penyakit Katarak, Penyakit katarak adalah sejenis kerusakan yang terjadi pada mata yang menyebabkan lensa mata berselaput atau rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya yang masuk tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatan katarak tersebut dari sedikit sampai keburaman total dan dapat menghalangi masuknya jalan cahaya. Penyakit katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan namun dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang berpotensi membutakan apabila tidak segera diobati. Kondisi ini biasanya memengaruhi pada kedua mata, tapi hampir selalu terjadi satu mata yang dipengaruhi lebih awal dari yang lain.

Penyebab Penyakit Katarak Pada Mata

Penyebab Penyakit Katarak Pada Mata

Banyak kasus mata katarak berkembang secara lambat dan tidak mengganggu pandangan mata anda pada awalnya. Tetapi ketika noda putih pada lensa mulai muncul, maka kenyamanan penglihatan anda akan terganggu. Awalnya cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu penglihatan mata Anda. Tetapi jika hal ini sangat mengganggu keseharian anda, maka operasi merupakan prosedur yang anda butuhkan. Kabar baiknya prosedur operasi pengangkatan katarak mata aman dan efektif untuk dilakukan. Selain itu, pemerintah kita sekarang sudah menyediakan operasi mata katarak secara gratis.

Ada banyak masalah yang mampu mempengaruhi kualitas penglihatan Anda. salah satu masalah yang paling umum adalah katarak. Katarak terjadi ketika protein yang ada di dalam mata Anda menghalangi pandangan Anda. Bahkan katarak dapat menjadi salah satu penyebab umum kebutaan.

Berikut adalah penyebab penyakit katarak :

  1. Usia

Usia adalah salah satu penyebab penyakit katarak. Protein lensa Anda akan semakin menurun ketika usia Anda bertambah. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan katarak.

  1. Genetika

Genetika juga merupakan salah satu faktor penyebab penyakit katarak. Sebab kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata Anda.

  1. Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit tertentu mampu mempengaruhi kesehatan lensa mata Anda sepertii dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

  1. Infeksi

Faktor penyebab penyakit katarak lainnya adalah jenis infeksi tertentu seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Oleh karena itu apabila Anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

  1. Diabetes

Diabetes kerap kali dituding menjadi penyakit yang dapat menjadi penyebab penyakit katarak. Sebab enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

  1. Trauma Mata

Trauma pada m,ata juga dapat menjadi penyebab penyakit katarak mata. Trauma mata dapat mengakibatkan penebalan, pembengkakan, dan munculnya warna putih pada serat lensa. Warna putih yang terbentuk tersebut pada akhirnya bisa menjadi penyebab penyakit katarak.

  1. Penggunaan Obat Tertentu

Ada beberapa jenis obat tertentu yang dapat mempengaruhi kondisi penglihatan mata. Obat-obatan sejenis kortikosteroid sering kali dapat menjadi penyebab penyakit katarak.

Mencegah Penyakit Katarak

Mencegah penyakit katarak mata bisa dilakukan dengan cara medis dan secara alami atau non medis. Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit katarak secara alami yang dapat Anda terapkan dirumah :

  • Periksakan ke dokter jika mengalami gangguan pada mata. Jangan menunda apapun jika anda merasakan gejala penyakit katarak walau sangat kecil.
  • Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C,A,dan E. Vitamin- vitamin tersebut telah terbukti dapat mencegah kemungkinan penyakit mata terutama katarak dan sebagai asupan gizi harian anda.
  • Menggunakan kacamata hitam di luar ketika di bawah terik matahari. Jika kita berada di luar rumah dan tepat di bawah terik matahari yang cerah, sebaiknya pakailah kacamata hitam agar menghindarkan dari radiasi sinar UV yang berasal dari radiasi matahari.
  • Minum segelas jus wortel setelah makan siang dapat membantu mencegah perkembangan gejala menjadi lebih parah. Karena jus wortel mengandung beta karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A
  • Kunyit dan jahe yang juga dapat membantu menekan perkembangan pada mata katarak. Karena kunyit dan jahe bersifat antioksidan kuat anti peradangan.
  • Meningkatkan konsumsi bayam atau sayuran dari rumput laut untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlancar aliran darah.
  • Menghindari makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak tak jenuh, gula dan jumlah tinggi sodium. Makanan yang di sarankan adalah makanan yang kaya akan magnesium seperti kerang, biji-bijian, telur dan sayuran hijau.

Itulah sekilas informasi mengenai penyebab penyakit katarak mata. Terima kasih karena anda telah membaca artikel mengenai penyebab penyakit katarak mata. Semoga artikel mengenai penyebab penyakit katarak mata diatas dapat menambah pengetahuan anda dan dapat bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Penyakit Katarak Pada Mata

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*