Perawatan Setelah Operasi Katarak

Perawatan Setelah Operasi Katarak

 

Perawatan Setelah Operasi Katarak – Katarak merupakan kondisi yang mempengaruhi mata dan banyak dialami oleh orang berusia 50 tahun ke atas. Katarak terjadi karena lensa mata menjadi keruh sehingga menyebabkan menurunnya fungsi penglihatan. Lensa yang berkabut mirip dengan kaca yang kotor sehingga akan mengganggu fungsi normal penglihatan.

Untuk menangani masalah ini, operasi atau pembedahan katarak umumnya dianjurkan. Operasi katarak sebenarnya merupakan prosedur sederhana dan relatif mudah dilakukan. Namun, seperti operasi lain, prosedur ini juga memiliki beberapa efek samping.

Berikut adalah kelebihan dari operasi katarak yang perlu Anda ketahui.

  1. Penglihatan lebih baik

Keuntungan paling penting operasi katarak adalah peningkatan kondisi penglihatan signifikan setelah operasi. Operasi ini sangat sederhana dan melibatkan penghilangan lapisan keruh dari lensa dan menggantinya dengan lensa lain yang lebih jelas.

Operasi ini hanya membutuhkan waktu antara setengah jam sampai empat puluh lima menit dengan penggunaan anestesi lokal di sekitar mata.

  1. Risiko rendah

Risiko yang terlibat dalam operasi katarak kurang dari 10%. Prosedur yang sederhana membuat risiko menjadi rendah. Operasi juga harus dilakukan oleh orang yang ahli sehingga semakin memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi.

  1. Rawat inap singkat

Operasi katarak membutuhkan waktu perawatan singkat sebelum pasien diperbolehkan meninggalkan rumah sakit. Jika operasi dilakukan pada pagi hari, pasien umumnya sudah diperbolehkan pulang pada sore atau malam hari.

  1. Waktu pemulihan singkat

Tidak seperti operasi besar, waktu pemulihan untuk operasi katarak juga sangat singkat. Pasien sudah bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal dalam jangka waktu 2 atau 3 minggu setelah opeasi. Pastikan mematuhi rekomendasi dokter dan meminum obat-obatan yang diberikan untuk mempercepat pemulihan.

  1. Mengatasi secara tuntas

Setelah menjalani operasi katarak, penglihatan pasien bisa kembali normal sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kesulitan.

Perawatan Setelah Operasi Katarak

Perawatan Setelah Operasi Katarak

Perawatan Setelah Operasi Katarak

Operasi katarak adalah satu-satunya jalan untuk mengganti lensa mata yang keruh (katarak). Banyak masyarakat yang hanya fokus pada bagaimana operasinya saja. Padahal, perawatan setelah operasi katarak pun juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Apa yang harus dilakukan setelah operasi katarak ?

Anda berhak meminta rawat inap atau memperoleh surat keterangan sakit setelah operasi katarak, maka cobalah untuk beristirahat.

Anda diperbolehkan membaca dan menonton TV. Olah raga ringan juga diperbolehkan. Anda dapat pergi keluar, tetapi sebaiknya hindari keramaian dan tempat berdebu. Mengenakan kacamata hitam ketika pergi keluar dapat membantu menjaga mata anda agar tetap nyaman dan mengurangi kepekaan terhadap cahaya.

Anda akan diberi obat tetes mata selama sekitar sebulan untuk mencegah infeksi dan mengurangi resiko inflamasi. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati. Jika perlu, anda dapat minta anggota keluarga atau teman untuk membantu meneteskan obat tetes mata. Jika anda keluar rumah, pastikan Anda memiliki akses terhadap fasilitas kebersihan tangan sehingga Anda dapat membersihkan tangan sebelum meneteskan obat tetes mata.

Untuk nyeri ringan, Anda dapat mengkonsumsi parasetamol. Jika nyeri Anda tidak bisa hilang dengan obat ini, hubungi dokter anda.

Ketika Anda tidur, gunakan pelindung mata yang diberikan paling sedikit selama seminggu sehingga anda tidak menekan mata yang dioperasi.

Apa yang perlu saya hindari setelah operasi katarak?

Untuk beberapa hari pertama, pandangan Anda mungkin buram, karena itu berhati-hatilah agar tidak terjatuh atau melukai kepala atau mata Anda, khususnya jika mata yang dioperasi diperban dan mata lainnya juga tidak dapat melihat dengan jelas.

Mengalami berbagai iritasi mata dan keluar cairan mata setelah operasi adalah umum. Namun, selama bulan pertama, hindari menggosok atau memegang mata Anda. Juga hindari debu atau air sabun agar tidak masuk ke dalam mata anda. Jangan berenang; berendam di kolam air panas, mengunjungi sauna atau spa. Hal ini dikarenakan adanya luka kecil pada mata Anda, dan Anda perlu mencegahnya agar tidak terkontaminasi.

Sekecil apapun luka Anda, jangan paksakan diri Anda. Coba untuk tidak membungkuk, membawa barang berat atau melakukan olah raga berat. Tinggalkan lari maraton 10 km untuk beberapa bulan, dan istirahatlah menggendong cucu untuk 2 hingga 3 minggu. Biarkan mata Anda sembuh.

Setelah operasi katarak anda mungkin merasa bahwa kacamata anda saat ini tidak lagi sesuai. Hal ini disebabkan oleh berubahnya kekuatan mata karena pembedahan. Biasanya ukuran mata yang dioperasi akan stabil setelah 1 bulan, dimana saat itu anda dapat mengukur kembali ukuran kacamata anda.

Hindari mengemudikan mobil atau sepeda motor hingga anda percaya diri bahwa penglihatan anda sudah jelas.

Obat-obatan dan Pola Makan

Untuk beberapa hari pertama, bersihkan mata yang dioperasi dengan cairan pembersih mata steril dan bola kapas yang diberikan kepada anda. Anda dapat terus membersihkan mata Anda dengan air matang dan kain kasa bersih kemudian.

Mohon gunakan obat tetes mata dan obat-obatan yang diresepkan dokter, bahkan jika anda merasa mata anda baik-baik saja. Jangan teteskan apapun ke dalam mata Anda selain tetes mata yang diresepkan. Selalu cuci tangan anda sebelum meneteskan obat tetes mata.

Simpan obat tetes mata anda dan obat-obatan sesuai petunjuk. Jangan simpan obat melebihi petunjuk waktu karena obat mungkin terkontaminasi.

Kocok botol obat tetes mata sebelum digunakan. Tengadahkan kepala Anda ke belakang, lihat ke atas dan tarik kelopak mata bawah. Teteskan hanya SATU tetes ke dalam mata, hindari kontak dengan bulu mata. Tunggu 5 menit sebelum meneteskan obat tetes mata lainnya.

Anda diperbolehkan makan seperti biasa. Tidak ada larangan makanan sesudah operasi katarak. Pola makan yang biasa dapat dilanjutkan.

Sekian informasi mengenai perawatan setelah operasi katarak. Semoga bermanfaat ^^

Perawatan Setelah Operasi Katarak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*