Syarat Operasi Katarak

Syarat Operasi Katarak

 

Syarat Operasi Katarak – Katarak adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penderita katarak akan merasa seperti melihat jendela berasap. Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pasien sulit menyetir, membaca dan melakukan aktivitas rutinnya.

Untuk mengatasi katarak dapat dilakukan dengan operasi katarak. Seperti namanya, operasi katarak adalah prosedur untuk mengobati katarak, kondisi progresif yang ditandai oleh kekeruhan pada lensa mata. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat dan mengganti lensa yang keruh untuk memperbaiki penglihatan pasien. Berkat perkembangan modern dalam teknologi bedah, operasi mata katarak menjadi salah satu operasi mata yang paling aman dan sering dilaksanakan.

Syarat Operasi Katarak

Operasi katarak adalah pilihan pengobatan utama bagi pasien katarak. Seperti glaukoma, kebanyakan kasus katarak disebabkan oleh proses penuaan alami dan berkembang secara bertahap. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko katarak adalah penyakit genetik, trauma berat pada mata, operasi mata yang pernah dijalani, dan peradangan intraokular. Terkadang, katarak dapat berkembang lebih cepat dan menyerang pasien berusia muda. Katarak dini ini lebih umum ditemukan pada pasien diabetes, perokok, individu yang terkena sinar UV atau radiasi ion berlebih, dan mereka yang mengonsumsi steroid. Obat-obat seperti statin dan phenothiazine juga dapat memperburuk atau memicu katarak, jika digunakan berkelanjutan.

Pada tahap awal, penglihatan pasien akan menjadi buram atau berkurang. Pasien juga dapat kesulitan membaca dan melihat bayangan yang tidak alami. Ini adalah gejala awal katarak. Jika tidak ditangani, lama-kelamaan seluruh lensa mata akan menjadi keruh. Akibatnya, pasien kehilangan kemampuan penglihatannya.

Karena manfaatnya yang sangat besar, banyak pasien katarak yang menjalani operasi. Prosedur ini dapat mengangkat lensa yang keruh secara permanen, memperbaiki penglihatan, dan mengurangi ketergantungan terhadap kacamata dan lensa kontak.

Syarat Operasi Katarak

Berikut beberapa syarat operasi katarak yang harus Anda ketahui :

  1. Tes USG

Sebelum melakukan operasi katarak dokter biasanya akan sangat menganjurkan Anda untuk melakukan USG, sebagai syarat utama operasi. Tujuannya adalah untuk mengukur dan membentuk bagian mata Anda dengan tepat. Hal ini nantinya akan membantu Anda untuk bisa menentukan jenis lensa implant mana yang paling tepat dipasangkan pada mata Anda. Syarat Operasi Katarak

  1. Behenti mengkonsumsi beberapa obat

Jika Anda sedang melakukan pengobatan tertentu, biasanya sebelum operasi Anda dianjurkan sekali untuk tidak mengkonsumsi obatnya. Tujuannya agar tidak meningkatkan adanya resiko pendarahan. Sehingga akan lebih baik jika Anda bisa berkonsultasi lebih dulu pada dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.

  1. Memakai obat tetes mata

Sebagai langkah pengurang resiko infeksi, dokter juga biasanya akan memberikan resep obat tetes mata jenis antibiotik agar bisa Anda gunakan. Anjuran penggunaannya biasanya 1-2 hari sebelum Anda melakukan operasi katarak. Syarat Operasi Katarak

  1. Puasa

Pada umumnya syarat melakukan puasa memang diharuskan untuk semua operasi. Instruksi yang biasanya diberikan dokter adalah Anda harus berpuasa selama 12 jam dan tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman apapun. Syarat Operasi Katarak

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dan memakain kacamata hitam

Sebelum menjalankan operasi katarak akan lebih baik jika Anda bisa memakai pakaian yang sangat nyaman dan tidak mengganggu Anda. Pemakaian kacamata hitam juga sangatlah dianjurkan, tujuannya adalah untuk melindungi mata agar terhindar dari sinar matahari yang terlalu berlebihan. Untuk sementara waktu, Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan parfum, pelembab wajah dan bulu mata palsu. Pokoknya Anda harus benar-benar melindungi kondisi mata Anda. Syarat Operasi Katarak

Bagaimana Prosedur Operasi Katarak Dijalankan?

Dokter mata akan meneteskan obat khusus yang fungsinya memperlebar pupil. Setelah pupil melebar, dokter akan memberikan anestesi lokal pada mata sehingga daerah mata akan baal selama operasi. Operasi katarak dilakukan dengan menghancurkan lensa yang mengalami katarak dengan alat khusus. Setelah lensa hancur, lensa yang mengalami katarak diangkat dari bola mata dan diganti dengan lensa buatan (IOL).

Langkah Pemulihan

Beberapa langkah yang dapat membantu pemulihan mata pasca operasi katarak, antara lain:

  • Hindari menyentuh mata.
  • Gunakan tetes mata sesuai anjuran dokter untuk meringankan rasa tidak nyaman pascaoperasi.
  • Hindari masuknya benda apa pun ke dalam mata, seperti sabun atau air.
  • Jangan mengenakan make up pada mata selama setidaknya 4 minggu.
  • Jangan berenang selama 4-6 minggu.
  • Jangan naik pesawat tanpa persetujuan dokter.
  • Jangan menyetir kendaraan sampai diizinkan dokter.
  • Biasanya setelah operasi katarak, Anda perlu memakai kacamata rabun dekat atau rabun jauh atau bahkan kombinasi keduanya. Hal ini karena lensa mata buatan tidak dapat fokus pada jarak tertentu.

Pasca operasi, mata dapat benar-benar pulih dalam waktu sekitar dua bulan. Sebagian besar orang akan mengalami perbaikan daya penglihatan setelah operasi. Anda akan dapat melihat cahaya tanpa kesilauan, bisa membedakan warna karena terlihat lebih terang, dan bisa melihat benda dengan fokus. Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk pulih sepenuhnya, setelah Anda melakukan operasi katarak.

Komplikasi dan Risiko Operasi Katarak

Untuk mencegah komplikasi setelah operasi katarak, pasien sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat dan mengangkat benda berat selama satu minggu. Membungkuk dan olahraga juga tidak dianjurkan karena dapat memberikan tekanan pada lensa mata baru.

Pasien harus mengingat bahwa dalam masa penyembuhan, mata sangat rentan terkena infeksi. Karena itu, pasien harus menjaga agar mata tetap bersih dan kering. Air, terutama di pemandian air panas dan kolam renang, dapat mengandung kontaminan yang dapat menyebabkan infeksi.

Kemungkinan efek samping dan komplikasi lain dari operasi katarak adalah:

  • Perdarahan
  • Bagian dalam mata terasa tertekan
  • Penumpukan cairan
  • Kelopak mata turun
  • Katarak setelah operasi – Ini terjadi ketika jaringan lensa yang seharusnya menyokong IOL tertinggal saat operasi dan terkena katarak. Namun, perawatan laser yang baru dapat memperbaiki komplikasi ini secara permanen.

Komplikasi yang lebih serius adalah retina terlepas atau lensa mata yang baru menjadi longgar. Retina terlepas adalah masalah mata serius yang terjadi ketika lapisan tipis di belakang retina tertarik dari pembuluh darah yang memberikan oksigen. Kondisi ini membutuhkan penanganan dengan segera. Sekian artikel mengenai syarat operasi katarak. Semoga bermanfaat …

Syarat Operasi Katarak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*